20 Tanda-tanda dan Ciri-ciri Kalau Anda Hamil

Posted on
Loading...

Tanda-tanda kehamilan-Kehamilan merupakan satu periode di mana wanita membawa embrio didalam rahimnya. Untuk pasangan suami-istri yang sudah menikah, kehamilan ini merupakan waktu yang dinanti-nantikan, kendati ada juga yang menundanya.

Begitu dinantikannya, sampai-sampai tidak ingin tertinggal peristiwa ini serta pada akhirnya mencari tahu seperti apa sih tanda awal kehamilan itu? Seperti apa sih tanda-tanda wanita hamil muda itu?

Loading...

Nah, untuk menambah pengetahuan serta rasa penasaran Anda tentang ciri wanita hamil, di bawah ini kami infokan 20 tanda awal kehamilan yang umum berlangsung pada wanita hamil.

Tanda Kehamilan Awal 

1. Payudara bengkak serta lembut 

Nyeri atau kesemutan di payudara yaitu satu diantara tanda-tanda kehamilan yang paling umum. Di awal kehamilan, payudara bakal terisi serta berubah bentuk lantaran menyiapkan diri untuk memproduksi ASI. Payudara juga bisa jadi begitu lembut serta peka selama beberapa bln.. Tetapi perlu dicatat, menurut pakar laktasi, Teresa Pitman, tak semuanya wanita alami perubahan ini, terlebih bila mereka sudah memakai pil KB. Tidak hanya payudara yang membengkak, satu diantara tanda yang lain yaitu dengan ruang aerola warnanya jadi lebih gelap.

2. Perubahan Bentuk badan 

Tidak cuma perut yang jadi membesar saat wanita alami kehamilan. Tetapi banyak daerah lain seperti pantat, paha serta dada dan lengan umumnya bakal alami pembengkakan.

3. Buang Air Kecil Semakin Sering & Konstipasi 

Waktu hamil, janin yang tumbuh di rahim bakal menghimpit kandung kemih sehingga frekwensi buang air kecil juga bakal bertambah. Kandung kemih juga lebih cepat dipenuhi urine serta hasrat untuk buang air kecil jadi amat sering.

4. Gampang Lelah 

Diawal kehamilan, Anda bakal terasa gampang capek. Rasa-rasanya Anda mau bermalas-malasan saja ditempat tidur. Hal semacam ini berlangsung lantaran badan tengah beradaptasi oleh karena ada makhluk baru. Peningkatan hormon progesteron juga kerap dikaitkan dengan tanda ke empat ini. Diluar itu Anda mungkin saja gampang capek lantaran berkurangnya kandungan gula darah serta tekanan darah.

5. Mual (Morning Sickness) 

Mual yaitu tanda-tanda kehamilan yang paling umum. Rasa mual itu berlangsung lantaran penambahan hormon HCG (Human Chorionic Gonadotrophin). Penambahan hormon HCG ini mengakibatkan dampak pedih pada susunan perut hingga menyebabkan rasa mual. Umumnya rasa mual ini bakal pergi sejalan Anda masuk trimester ke-2 kehamilan.

Tidak hanya mual, Anda juga terasa lebih peka pada bau spesifik. Beberapa peneliti menganggap, tanda-tanda ini terjadi supaya wanita hamil tak gampang makan sembarangan sehingga melindungi bayi dari toksin yang beresiko.

6. Terlambat Haid 

Satu diantara sinyal kehamilan yang paling terang yaitu terlambat datang bln.. Tetapi tak semua keterlambatan itu disimpulkan sebagai kehamilan. Anda mungkin telat haid lantaran stres, diet atau masalah hormonal. Diluar itu, sebagian wanita dapat juga alami pendarahan atau spotting (muncul bercak darah). Selekasnya tanyakan ke dokter tentang permasalahan itu.

7. Perubahan Mood 

Wanita hamil mempunyai mood yang gampang berubah. Mungkin di satu saat Anda terasa begitu bahagia, tetapi beberapa waktu kemudian Anda jadi geram pada suami cuma karena permasalahan remeh. Tak perlu mencemaskan perubahaan mood ini lantaran ini kondisi normal.

Mood berubah lantaran terjadinya perubahan hormon secara mencolok di tubuh Anda. Bila Anda belakangan rasakan hal itu, itu berlangsung lantaran badan tengah beradaptasi dengan hadirnya hormon baru.

9. Timbulnya bercak darah atau flek 

Bercak darah ini keluar saat sebelum menstruasi yang akan datang, umumnya berlangsung pada 8-10 hari sesudah terjadinya ovulasi. Bercak darah ini dikarenakan oleh implantasi (implantation bleeding) atau melekatnya embrio pada dinding rahim. Timbulnya bercak darah ketika kehamilan terkadang disalah artikan sebagai menstruasi.

10. Kram Perut 

Diluar itu, keluarnya bercak darah umumnya diikuti oleh kram perut. Kram perut pada keadaan terjadinya kehamilan bakal berlangsung secara teratur. Serta keadaan kram perut ini, selalu berlanjut hingga kehamilan trimester ke-2, hingga letak uterus posisinya ada ditengah serta disangga oleh panggul.

11. Pusing serta sakit kepala (Headaches) 

Masalah pusing serta sakit kepala yang kerap dirasa oleh ibu hamil disebabkan oleh aspek fisik ; rasa capek, mual, lapar serta desakan darah, rendah. Sedang pemicu emosional yakni terdapatnya perasaan tegang serta depresi. Diluar itu peningkatan supply darah ke seluruh badan dapat juga mengakibatkan pusing waktu ibu berubah posisi.

12. Sembelit 

Sembelit berlangsung akibat penambahan hormon progesterone. Hormon ini tidak hanya mengendurkan otot-otot rahim, tetapi juga beresiko pada mengendurnya otot dinding usus hingga mengakibatkan sembelit atau sulit buang air besar. Tetapi keuntungan dari kondisi ini yaitu sangat mungkin peyerapan nutrisi yang lebih baik waktu hamil.

13. Kerap meludah (hipersalivasi) 

Tanda kehamilan ini berlangsung akibat dampak pergantian hormon estrogen, umumnya berlangsung pada kehamilan trimester pertama. Keadaan ini umumnya menghilang sesudah kehamilan masuk trimester kedua

14. Naiknya temperatur basal badan 

Bila terjadi kehamilan atau ovulasi, suhu basal badan ibu bakal bertambah. Keadaan ini bakal bertahan sepanjang kehamilan. Keadaan ini tak kan turun ke kondisi saat sebelum terjadinya ovulasi.

15. Sakit punggung 

Umumnya, Anda tak miliki permasalahan dengan sakit punggung. Tetapi saat ini, punggung sisi bawah merasa nyeri. Bila Anda benar hamil, masalah ini bakal menetap sampai melahirkan nantinya.

16. Ngidam atau menampik makanan tertentu 

Tanpa ada argumen yang pasti, mendadak Anda sangat mengidamkan makanan tertentu, yang sebelumnya mungkin saja bukanlah makanan favorite Anda. Atau demikian sebaliknya, Anda mendadak tidak tahan dengan makanan yang selama ini jadi kesukaan Anda.

17. Peka pada bau 

Anda tidak tahan pada semua jenis bau, terlebih aroma makanan tertentu. Karena sangat tidak tahan, bau spesifik dapat membuat Anda mual serta muntah!

18. Gejala PMS 

Anda rasakan gejala PMS yang persis seperti yang Anda rasakan setiap bln.. Perut kembung, sakit pinggang, nyeri pada payudara, bahkan juga nafsu makan yang bertambah. Namun, kok belum haid juga, ya?

19. Positif tes kehamilan 

Hasil uji test pack akan tunjukkan tanda positif! Apakah itu berarti Anda betul-betul hamil? Belum pasti! Anda baru bakal memperoleh jawaban yang akurat, sesudah pergi ke dokter untuk lakukan kontrol USG.

20. Ada janin yang berkembang didalam rahim Anda 

Kontrol USG tunjukkan titik kecil yang bergerak-gerak didalam kantung kehamilan? Selamat! Jagalah perkembangan janin si kecil sampai tiba waktunya bersalin ya, Ma!

Ke-20 poin diatas adalah tanda-tanda awal kehamilan yang umum serta biasa berlangsung pada wanita yang tengah hamil muda. Namun pasti tak semuanya wanita bakal alami itu. Utnuk memastikannya, periksakan selekasnya ke dokter kandungan atau bidan Anda.

Loading...