siklus haid menstruasi

Mengenal Siklus Menstruasi: Siklus Haid Normal dan Tidak Teratur

Posted on
Loading...

Siklus Menstruasi

Menstruasi yaitu hal yang lumrah dihadapi oleh seseorang wanita. Walau udah dihadapi mulai sejak masihlah remaja, tak seluruh wanita tahu apa yang sesungguhnya terjadi didalam tubuh sepanjang siklus menstruasi.

Siklus menstruasi yaitu perubahan dalam tubuh wanita, terutama di bagian organ reproduksi. Yakni saat susunan dinding rahim (endometrium) yang menebal luruh lantaran tak ada pembuahan sel telur. Siklus menstruasi pada setiap wanita tidak sama antara 23-35 hari, tetapi rata-rata siklus menstruasi yaitu 28 hari.

Loading...

Silus Hormomal

Pada intinya, siklus menstruasi dibagi jadi sebagian fase yang ditata oleh lima hormon didalam tubuh.

fisio2

Estrogen

Hormon yang di produksi pada ovarium ini amat bertindak didalam tubuh, terlebih pada ovulasi dalam siklus reproduksi wanita. Hormon ini dapat bertindak pada perubahan tubuh remaja dalam masa-masa pubertas dan ikut serta dalam pembentukan kembali susunan rahim sesudah periode menstruasi.

Progesteron

Hormon ini bekerja bersama dengan estrogen manfaat melindungi siklus reproduksi serta melindungi kehamilan. Sama juga dengan estrogen, progesteron juga di produksi di ovarium serta bertindak dalam penebalan dinding rahim.

Hormon pelepas gonadotropin (Gonadotrophin-releasing hormone – GnRh)

Di produksi oleh otak, hormon ini bantu memberi rangsangan pada tubuh untuk membuahkan hormon perangsang folikel serta hormon pelutein.

Hormon Pelutein (Luteinizing hormone-LH)

Sel telur serta proses ovulasi dibuat oleh ovarium karena rangsangan dari hormon ini.

Hormon perangsang folikel (Follicle stimulating hormone-FSH)

Hormon ini bantu sel telur didalam ovarium masak serta siap untuk dilepaskan. Hormon ini di produksi di kelenjar pituitari di bagian bawah otak.

Fase Menstruasi

siklus haid menstruasi

Fase Pertama – Menstruasi

Hari pertama menstruasi adalah hari pertama pada siklus menstruasi serta terjadi kurang lebih 3-7 hari. Pada masa-masa ini, susunan dinding rahim luruh jadi darah menstruasi. Banyak darah yang keluar sepanjang masa-masa menstruasi yaitu kurang lebih 30-40 ml pada setiap siklus.

Rasa sakit yang terjadi pada hari-hari pertama menstruasi dikarenakan oleh otot-otot rahim yang alami kontraksi manfaat mendorong serta keluarkan susunan dinding rahim yang luruh jadi darah menstruasi.

Luruhnya susunan dinding rahim karena kandungan estrogen serta progesteron alami penurunan. Bersamaan dengan berkurangnya estrogen serta progesteron pada fase ini, hormon perangsang folikel (FSH) mulai sedikit bertambah, penambahan ini memancing mengembangnya sebagian folikel (kantong yang diisi indung telur) didalam ovarium.

Dari sebagian folikel yang berkembang, cuma bakal ada satu folikel yang selalu berkembang yang lalu bakal menghasilkan estrogen. Estrogen Anda amat rendah pada awal menstruasi, tetapi dengan mengembangnya folikel, hormon estrogen bakal mulai bertambah kembali.

Fase Ke-2 – Pra ovulasi serta Ovulasi

Saat Anda masuk masa-masa praovulasi, susunan dinding rahim Anda yang pernah luruh bakal kembali menebal sedikit. Susunan dinding rahim itu cukup tidak tebal hingga sperma bisa melalui susunan ini dengan gampang serta bisa bertahan lebih kurang sepanjang 3-5 hari.

Proses penebalan rahim dipicu oleh hormon estrogen yang mulai bertambah.

Masa-masa ovulasi setiap wanita tidaklah sama. Mungkin saja Anda pernah memikirkan kalau Anda berovulasi pada hari ke -14 sesudah siklus pertama. Namun kenyataannya hal itu tak dapat jadi patokan setiap wanita. Hal itu bergantung pada setiap siklus menstruasi di masing-masing orang.

Bila Anda tengah merencanakan mempunyai momongan, sebaiknya Anda lakukan hubungan intim dengan suami Anda pada masa-masa praovulasi sampai ovulasi. Karenanya yaitu masa-masa subur paling baik serta sperma bisa bertahan kurang-lebih sepanjang 3-5 hari.

Fase Ketiga – Pra Menstruasi

Pada fase ini susunan dinding rahim semakin menebal. Hal semacam ini karena folikel yang sudah pecah serta keluarkan sel telur, membuat korpus luteum. Korpus luteum lalu menghasilkan progesteron yang bikin susunan dinding rahim semakin tidak tipis.

Bila tak terjadi pembuahan, Anda bakal mulai rasakan tanda-tanda pramenstruasi (PMS), seperti perubahan emosi yang lebih peka serta perubahan keadaan fisik, seperti nyeri pada payudara, pusing, cepat capek, atau kembung.

Tidak hanya tanda-tanda itu, korpus luteum bakal berdegenerasi serta berhenti menghasilkan progesteron. Dengan berkurangnya kandungan progesteron serta estrogen lantaran tak terjadi pembuahan, susunan dinding rahim bakal luruh sampai jadi darah menstruasi.

Siklus Menstruasi/Haid Tidak Normal

Tiap wanita yang masuk masa-masa remaja serta pubertas tentu alami menstruasi atau haid. Siklus menstruasi rata-rata terjadi kurang lebih 28 hari. Meskipun hal semacam ini berlaku umum, namun tak seluruh wanita mempunyai siklus menstruasi yang sama, terkadang siklus terjadi tiap 21 hari sampai 30 hari.

Namun, bagaimana dengan wanita yang juga alami haid tetapi tak teratur? Dr Goel Madhu, Konsultan Kandungan dari Rockland Hospital, New Delhi menyampaikan, ada banyak hal yang butuh di ketahui sekitar periode menstruasi yg tidak teratur, seperti diambil Healthmeup berikut ini ini :

1. Mengerti menstruasi yg tidak teratur

Siklus menstruasi umumnya terjadi secara teratur. Lamanya perdarahan dapat beragam dari 2 hingga 7 hari dengan interval pada 2 siklus (saat pada periode pertama serta periode selanjutnya) kurang lebih 28 hari. Hilangnya darah rata-rata yaitu kurang lebih 60-100ml. Jadi, bila terjadi penyimpangan dari hal diatas dapat dikira menstruasi Anda abnormal.

2. Kehamilan

Argumen paling umum dari siklus menstruasi yg tidak teratur dalam grup umur reproduksi umumnya terkait dengan kehamilan. Bila periode haid teratasi, tes kehamilan jadi satu kewajiban. Terkadang kehamilan dapat juga terjadi pada pasien perimenopause (dekat menopause). Lalu bila perdarahan melampaui batas saat, mungkin saja tanda dari kehamilan ektopik (kehamilan diluar rahim).

Siklus yg tidak teratur juga adalah tanda umum yang kerap terjadi pasca kehamilan. Lalu itu, pemberian ASI dapat juga mengakibatkan saat menstrusi Anda terhalang. Hal semacam ini normal serta tak jadi permasalahan.

3. Periode perimenopause

Siklus yg tidak teratur juga terjadi pada periode perimenopause. Sebagian perubahan dalam siklus ini umumnya bisa di terima serta tak membutuhkan penyembuhan, lalu perdarahan yang berat membutuhkan pelajari selanjutnya. Pendarahan sesudah meraih menopause yaitu sebuah yg tidak normal serta mesti diselidiki.

4. Kontrasepsi

Beragam bentuk kontrasepsi dapat juga menyebabkan siklus menstruasi Anda tak teratur. Pemakaian pil KB dapat juga mengakibatkan perdarahan cuma sedikit atau bahkan juga menyebabkan perdarahan berat. Pemberian suntikan untuk kontrasepsi pasca melahirkan dapat juga mengakibatkan haid tak teratur.

5. Berat tubuh

Naiknya berat tubuh yang penting atau penurunan berat tubuh dapat juga mengakibatkan siklus yg tidak teratur. Kenaikan berat tubuh yang penting bisa memperlihatkan ada masalah tiroid. Masalah tiroid amat umum terjadi pada wanita serta bisa mengakibatkan kenaikan berat tubuh, siklus tak teratur, lesu dan sebagainya. Berat tubuh yang yang berlebih dapat juga mengisyaratkan terjadinya penyakit ovarium polikistik yang disebut permasalahan hormonal serta mungkin saja membutuhkan penyembuhan.

Berat tubuh berlebihan dapat juga jadi panduan permasalahan keadaan systemik seperti kanker serta tuberkulosis. Kenaikan berat tubuh atau penurunan berat tubuh bisa memperlihatkan masalah makan seperti anoreksia nervosa serta bulimia nervosa.

6. Stres emosional

Stres emosional yang berat umpamanya, kehilangan pekerjaan, kehilangan orang paling dekat dapat juga mengakibatkan perdarahan yg tidak teratur.

Baca juga: Penyebab Darah Haid/Menstruasi Menggumpal

Kenali Gejala Penyakit dari Siklus Menstruasi Anda

Tamu bulanan yang datang tiap bln., terkadang bikin wanita sebal karenanya memiliki arti mesti mempersiapkan diri untuk menahan rasa sakit.

Ya, sakit yaitu hal yang normal dihadapi ketika periode menstruasi. Namun, bila rasa sakit seperti bikin Anda ingin pingsan atau Anda tarpaksa cuti, lantaran mesti bertukar pembalut tiap sebagian jam, mungkin saja itu tandanya ada yang salah didalam tubuh Anda. Berikut keadaan abnormal menstruasi yang perlu Anda cermati serta sangkaan pemicunya.

Menstruasi tak kunjung datang

Dapat jadi tanda dari : Sindrom ovarium polikistik, lemak tubuh sangat sedikit, disfungsi tiroid, stress.

Penyebabnya paling umum tak datangnya menstruasi yaitu : kehamilan atau menopause. Namun, bila Anda sangat muda untuk menopause serta mustahil hamil, ketidakhadiran menstruasi dapat jadi tandanya ada permasalahan dengan tiroid Anda.

Atau, ada tidak seimbangan hormon yang mengakibatkan kista tumbuh pada ovarium Anda, atau Anda cuma sangat stres.

Peluang penyebabnya yang lain yaitu berat tubuh Anda sangat rendah. ” Seorang yang kekurangan berat tubuh, satu diantaranya ditandai dengan kandungan lemak yang amat rendah, amat mungkin saja kehilangan periode menstruasi, ” kata Rima Mehta, MD, direktur ginekologi di Rumah Sakit Pennsylvania.

” Wanita yang berprofesi sebagai atlet atau lari tiga hingga lima mil satu hari, terkadang jadi sangat kurus serta ini bakal menggangu periode haid yang normal. Referensi saya pada mereka yaitu simpel : Anda butuh semakin banyak makan, ” kata Mehta.

Konsultasi ke dokter bila : Anda tak menstruasi sepanjang tiga – enam bln..

Nyeri yang berlebih ketika haid

Dapat jadi tanda dari : Endometriosis, fibroid, jaringan parut pada vagina.

Sakit saat haid, yaitu suatu hal yang pernah dihadapi oleh nyaris semua wanita didunia. Tiap bln., Anda alami kontraksi otot rahim untuk mendorong darah keluar serta bekas peluruhan dinding rahim keluar.

Menurut Mehta, tanda-tanda nyeri haid, biasanya dapat diringankan oleh obat pereda sakit yang di jual bebas.

Tetapi, bila tiap kali haid, Anda rasakan nyeri yang amat, mungkin saja itu tandanya danya endometriosis.

Endometriosis yaitu perkembangan jaringan endometrium yang dibarengi perambatan pembuluh darah, sampai menonjol keluar dari rahim serta mengakibatkan nyeri panggul. Walau tak ada obat untuk endometriosis, pembedahan atau therapy fisik mendasar panggul sudah bantu banyak wanita menangani ketidaknyamanan yang muncul.

Nyeri haid yang berlebih dapat juga dikarenakan oleh jaringan parut dari operasi di awal atau kelainan struktural dalam uterus yang umumnya dikarenakan oleh tumor (bukanlah kanker). Keadaan ini di kenal dengan sebutann fibroid.

Dalam ke-2 masalah, dokter merekomendasikan operasi invasif minimum untuk menyingkirkan fibroid serta jaringan parut.

Tanyakan dengan dokter bila : Anda alami periode haid yang menyakitkan sepanjang tiga bln. serta sakit tak mereda dengan pertolongan obat yang dapat dibeli bebas.

Periode haid yang berat

Dapat jadi tanda dari : Fibroid, hemofilia, tidak seimbangan hormon, inginceran darah

Untuk rata-rata wanita, dimuka menstruasi, darah keluar dalam jumlah banyak serta lalu berangsur-angsur menyusut mendekati akhir siklus.

Namun, bila darah yang keluar bikin Anda mesti bertukar pembalut tiap satu hingga dua jam serta menstruasi berjalan melebihi dari tujuh hari, ini memiliki arti udah tak normal, menurut Aaron K. Styer, MD, seseorang pakar endokrinologi reproduksi di Massachusetts General Hospital Fertility Center serta Harvard Medical School.

Bila tiap kali haid, Anda terasa stres akibat banyak darah yang keluar, dapat memiliki arti Anda mempunyai sangat banyak atau sangat sedikit dari satu diantara hormon yang mengatur menstruasi, yakni hormon estrogen serta progesteron.

Atau, Anda mempunyai fibroid Periode haid yang abnormal terkadang bisa dikarenakan oleh cara ingindalian kelahiran non-hormon seperti intrauterine piranti (IUD).

Konsultasi dengan dokter bila : Darah haid keluar amat banyak, hingga mengganggu kesibukan sesehari, pusing, lemah, atau sesak napas.

Jarang menstruasi

Dapat jadi tanda dari : Fibroid, tidak seimbangan hormon, polip

Siklus menstruasi yang normal yaitu kisaran pada 21-35 hari. Bila Anda mendapat periode haid sekurang-kurangnya sejumlah sembilan kali sepanjang satu tahun, itu masihlah dapat dikira normal. Namun bila kurang dari angka itu, ada peluang Anda menanggung derita fibroid, tidak seimbangan homon, atau polip dalam dinding rahim.

Konsultasi dengan dokter bila : Anda mempunyai delapan kali atau kurang periode haid sepanjang satu tahun, atau bila Anda tak haid sepanjang tiga bln..

 

Loading...