Begini Proses Melahirkan Normal dan Caesar yang Harus Diketahui

Posted on
Loading...
Proses melahirkan normal dan caesar-Persalinan jadi titik puncak kehamilan yang bakal dilewati dari semuanya proses kehamilan. Ada beragam perasaan yang bercampur saat menyongsong persalinan. Di antara rasa bahagia lantaran bakal selekasnya lihat serta berjumpa dengan buah hati, jadi biasanya ibu hamil juga kuatir. Kekhawatiran ini terkait dengan proses persalinan yang bakal ditempuh serta bayangan rasa sakit. Walau umumnya ibu hamil sudah mempersiapkan mental untuk dapat lewat proses persalinan dengan baik.
Ada 2 cara persalinan yang umumnya dikerjakan secara medis oleh profesional seperti bidan atau dokter kandungan. Di bawah ini yaitu deskripsi komplit tentang proses persalinan normal serta caesar.

Persalinan Normal

persalinan normalPersalinan normal yaitu persalinan yang melalui jalan lahir atau wanita yang umumnya berlangsung secara alami. Persalinan ini termasuk juga dalam persalinan classic yang paling banyak dikehendaki oleh semuanya wanita. Bayi bakal melalui ruangan panggul serta mulut rahim lalu setelah itu keluar melalui vagina.
Untuk hadapi melahirkan normal jadi prosesnya bakal alami tiga step paling utama sampai bayi betul-betul lahir ke dunia. Tiap-tiap step dapat memerlukan saat serta tingkatan rasa sakit yang tidak sama. Tetapi semuanya wanita pasti dapat hadapi keadaan ini dengan sikap serta perasaan yang tidak sama juga. Di bawah ini step persalinan normal.

Baca ini juga: 16 Tanda-Tanda Bunda Akan Melahirkan

Di bawah ini Step Persalinan Normal :

1. Perluasan Susunan Serviks atau Mulut Rahim

 Fase Step Awal (Serviks bakal buka dari 0 – 4 cm)
Proses pembukaan serviks ini memerlukan saat pada 6 sampai 10 jam serta dapat lebih panjang bila adalah kelahiran pertama. Untuk ibu hamil yang telah pernah melahirkan jadi prosesnya semakin lebih singkat. Proses yang bakal dihadapi terdiri sebagian step seperti :
  •  Kontraksi enteng bakal mulai berlangsung dengan gerakan yang halus sampai sedikit lebih kuat. Biasanya proses kontraksi telah mendorong serviks untuk buka secara alami. Tetapi tiap-tiap wanita bakal mempunyai proses yang tidak sama.
  • Untuk meraih pembukaan ukuran 3 cm jadi dapat memerlukan saat sepanjang sebagian jam atau lebih lama untuk kelahiran pertama.
  • Kontraksi enteng sampai berat bakal berlangsung sepanjang 5 sampai 30 menit dengan jarak pada 30 sampai 50 detik.
  • Cairan darah merah yang tidak tebal bakal keluar dari vagina sebagai tanda pelembutan serviks.
  • Kemungkinan pecah cairan ketuban dapat berlangsung dalam proses ini hingga ibu hamil keluarkan banyak cairan yang memiliki resiko pada keselamatan bayi.
Apa yang Mesti Anda Kerjakan?
  •  Anda mesti tetaplah konsentrasi dengan kelahiran tetapi mesti dapat membawa perasaan untuk tetaplah enjoy, tak cemas serta tak stress.
  • Sepanjang kontraksi enteng Anda tetaplah dapat tinggal dirumah serta tetaplah menghubungi dokter untuk berjaga-jaga bila berlangsung suatu hal.
  • Untuk menentramkan fikiran jadi Anda dapat mendengar musik, jalan-jalan didalam tempat tinggal, lihat tv, serta lakukan beragam hal-hal lain hingga Anda terasa terhibur dari rasa sakit.

Fase aktif (Serviks membuka 4-7 cm)

Pada fase ini jadi kepala bayi telah lebih turun dari posisi awal mulanya. Dokter dapat memasukkan jari secara lembut ke sisi vagina untuk rasakan kepala bayi. Langkah tersebut bakal dikerjakan dengan begitu lembut hingga tak mengakibatkan rasa sakit. Proses ini memerlukan saat pada tiga sampai tujuh jam untuk kelahiran bayi pertama. Pada step ini ibu hamil telah ada dirumah sakit atau prakter dokter untuk bersiap hadapi kelahiran. Proses ini bakal terbagi dalam beberapa step seperti :
  •  Kontraksi bakal berlangsung seringkali kurun waktu yang begitu kerap.
  • Kontraksi bakal bikin ibu hamil terasa sakit di kurang lebih punggung serta perut bawah dengan saat pada 3 – 5 menit.
  • Rasa nyeri yang kuat bakal merasa dibagian perut bawah, punggung bawah, serta paha hingga bikin ibu jadi lebih lemah, berkeringat serta susah untuk bicara.
  • Bercak merah serta coklat bakal keluar dengan jumlah yang semakin banyak dari vagina. Bila tak berlangsung pecah ketuban jadi proses ini masih tetap dalam step yang aman.

Loading...
Apa yang Mesti Ibu Kerjakan?
  • Pada step ini Anda mesti berupaya untuk tetaplah enjoy serta tenang dan yakin dengan kekuatan dokter atau bidan.
  • Bila Anda mau terasa fresh jadi dapat mandi atau mengelap tubuh dengan air hangat lantaran dapat bikin Anda tetaplah semangat.
  • Bila Anda dapat untuk bangun dari tempat tidur jadi Anda mesti seringkali buang air kecil untuk mengosongkan kandung kemih.
  • Minum air putih atau minuman manis untuk menolong badan supaya tak dehidrasi.
  • Peran pendamping seperti suami begitu dibutuhkan untuk menolong latihan pernapasan serta memberi semangat.
  • Berupaya untuk tenang serta tak gugup lantaran bakal punya pengaruh untuk proses persalinan.

Fase Peralihan (serviks membuka antara 8-10 cm)

Proses ini kontraksi yang dihadapi oleh ibu yang bakal melahirkan jadi begitu kuat. Biasanya proses ini memerlukan saat pada 20 menit sampai dua 1/2 jam untuk persalinan pertama. Tetapi untuk ibu yang telah pernah melahirkan jadi prosesnya semakin lebih cepat. Beberapa proses ini jadi ibu hamil bakal alami beberapa step, seperti :
  •  Kontraksi yang bakal dihadapi memerlukan saat pada 1 – 4 menit dengan jarak yang begitu dekat.
  • Ibu yang bakal melahirkan bakal terasa begitu capek, kurang konsentrasi, hasrat untuk menyerah, mual serta muntah.
  • Badan ibu yang alam melahirkan bakal berupaya untuk buka susunan leher rahim seutuhnya hingga mengakibatkan rasa sakit yang mengagumkan.
  • Ibu yang bakal melahirkan telah mempunyai hasrat untuk mengejan atau mendorong serta ada desakan yang kuat merasa pada sisi dubur serta vagina.
  • Kepala bayi telah merasa bergerak seperti menghadap ke sisi vagina
  • Tetapi ibu yang bakal melahirkan tak diijinkan untuk mengejan atau mendorong sampai dokter atau bidan memohon. Hal semacam ini untuk menangani perobekan serviks akibat pembukaan yang belum prima.
Apa yang Mesti Ibu Kerjakan?
  •  Ibu yang bakal melahirkan baiknya tetaplah konsentrasi untuk melakukan persalinan serta nikmati tiap-tiap sensasi rasa sakit lantaran kontraksi.
  • Dari pada menahan rasa sakit jadi tambah baik bila diatasi dengan latihan pernapasan namun masih tetap tak mendorong bayi atau mengejan sampai dokter memberi instruksi.
  • Kadang-kadang ibu yang bakal melahirkan terasa begitu putus harapan dengan rasa sakit yang dihadapi tetapi dapat diatasi dengan satu semangat kalau sebentar lagi Anda bakal berjumpa dengan buah hati serta lihat berwajah. 

2. Mendorong serta Mengejan 

Pada step ini jadi susunan serviks telah terbuka seutuhnya hingga kepala bayi telah mendekat vagina. Umumnya sistem ini memerlukan saat pada 1 – 2 jam serta semakin lebih cepat untuk kelahiran ke-2 dan sebagainya. Pada sistem ini jadi ibu yang bakal melahirkan bakal melakukan step : 
  • Hasrat untuk mendorong serta mengejan dengan kuat dengan cara berkepanjangan. Dokter atau bidan bakal memberi instruksi kapan saat untuk menarik nafas serta kapan untuk mendorong. 
  • Kontraksi masih tetap bakal merasa serta bakal badan semakin lebih lemah lantaran telah banyak kehilangan tenaga untuk mengejan serta mendorong. 
  • Rasa sakit bakal merasa begitu kuat di bagian vagina serta perineum (jarak pada dubur serta vagina) saat kepala bayi telah masuk ke sisi ini. 
  • Dokter dapat bertindak episiotomi bila ukuran kepala bayi sangat besar hingga tidak cocok dengan pembukaan vagina. Sistem ini bakal dengan diawali memberi obat bius hingga, anda akan tidak terasa sakit saat dokter merobek sisi pada vagina sampai rektum untuk bikin kepala bayi dapat keluar. 
  • Dokter bakal memberi instruksi sampai kepala bayi keluar serta semuanya sisi badan bayi keluar. 
Apa yang Mesti Ibu Kerjakan? 
Sepanjang sistem ini jadi Anda mesti tetaplah ikuti saran serta instruksi dokter atau bidan. 
Tetaplah mengambil nafas dengan baik hingga Anda tak terasa kelelahan sampai bayi betul-betul keluar.

3. Step Pengeluaran Plasenta 

Sesudah bayi Alahir jadi selang beberapa menit atau paling lama 1/2 jam mak, plasenta akan turut keluar dari vagina. Pada proses ini dokter atau bidan tetaplah bakal menolong anda untuk mendorong plasenta keluar dari rahim. Anda cukup ikuti semuanya panduan dokter sampai plasenta betul-betul dapat keluar. Proses ini akan bikin Anda terasa nyeri perut serta kram lantaran plasenta juga keluar dari rahim seperti bayi anda.
Apa yang Mesti Ibu Kerjakan?
  • Bila bayi Anda sehat serta keadaannya normal jadi Anda dapat melakukan proses menyusui awal. Pada step ini jadi bayi dapat segera di beri ASI yang dapat merangsang proses kontraksi untuk rahim.
  • Saat berlangsung kontraksi jadi dokter atau bidan bakal memijat serta menghimpit perut dengan lembut hingga plasenta dapat keluar.
  • Sesudah proses ini usai jadi dokter bakal bersihkan ruang vagina serta menjahitnya bila berlangsung episiotomi. Anda bakal lepas dari semuanya rasa sakit serta badan bakal terasa begitu capek.
  • Panduan Memudahkan Persalinan Normal
Baca juga: Cara Cepat Hamil

Tips Mempermudah Persalinan Normal

Bila ibu mau memperoleh persalinan normal serta nyaman jadi dapat coba ikuti sebagian panduan berikut ini :
  •  Anda dapat ikuti senam hamil sepanjang kehamilan. Senam hamil bakal menolong ibu memperoleh otot paha serta panggul yang lebih lentur hingga dapat mempercepat proses persalinan normal.
  • Anda dapat kerjakan beragam pekerjaan tempat tinggal tanpa ada memakai alat seperti mengepel tanpa ada tongkat saat telah mendekati umur persalinan. Latihan jongkok serta berdiri bakal menolong otot paha hingga memudahkan kelahiran normal, namun masih tetap jauhi kesibukan beresiko untuk ibu hamil yang sangat berat.
  • Jauhi stress sepanjang kehamilan lantaran stress dapat bikin keadaan janin juga turut terbawa stres. Kadang-kadang keadaan ini bakal bikin posisi bayi sungsang, hingga mustahil dapat memperoleh persalinan normal.
  • Kerjakan latihan pernapasan yang baik sepanjang kehamilan. Latihan pernapasan bisa menolong membiasakan diri saat masuk ke persalinan normal. Diluar itu, latihan pernapasan akan menolong tingkat oksigen pada badan baik sesuai sama keperluan. Bahkan juga latihan pernapasan dapat juga kurangi depresi serta kuatir.
  • Jangan sampai dengarkan narasi menakutkan dari orang lain yang pernah melahirkan secara normal. Narasi menakutkan bakal bikin anda terasa kuatir serta takut hingga tak mempunyai hasrat yang kuat untuk dapat melahirkan normal.
  • Jagalah konsumsi gizi ibu hamil sepanjang kehamilan seperti mengkonsumsi makanan seperti serat, asam folat, zat besi, kalsium serta nutrisi lain yang diperlukan. Nutrisi bakal bikin badan ibu serta bayi juga sehat hingga dapat mensupport untuk persalinan normal.
  • Lakukan pijatan di ruang perineum sepanjang masuk kehamilan bln. ke tujuh. Therapy ini dapat bikin otot perineum terlatih, lembut serta tak alami peregangan saat kontraksi pada persalinan normal.
  • Senantiasa bicara serta berkonsultasi dengan dokter pakar kandungan untuk tahu keadaan bayi serta peluang untuk dapat melalui persalinan normal. Sepanjang keadaan ibu serta bayi sehat jadi senantiasa ada peluang untuk dapat melahirkan normal.

Persalinan Caesar 

Persalinan caesar cuma bakal dikerjakan dalam keadaan spesifik baik yang berbentuk darurat atau terencana. Persalinan dengan operasi caesar dikira jadi prosedur yang aman untuk ibu serta bayi lantaran dapat kurangi sebagian kemungkinan komplikasi. 
Kadang-kadang sebagian kendala yang menghambat proses persalinan normal bakal bikin ibu serta bayi ada dalam keadaan gawat. Operasi ini mesti dikerjakan oleh seseorang dokter pakar kandungan serta tak dapat dikerjakan oleh bidan.
Di bawah ini bagian proses persalinan caesar :
1- Dokter bakal memberi info kenapa Anda memerlukan operasi caesar. Info dokter begitu dibutuhkan baik untuk persalinan caesar terencana ataupun yang berbentuk darurat. Sesudah Anda menyepakati serta bersedia lakukan operasi caesar jadi Anda atau suami atau wali mesti menandatangai kesepakatan prosedur operasi caesar.
2- Anda tetaplah dapat melakukan proses persalinan ini dengan didampingi oleh suami tetapi bila cuma memperoleh kesepakatan oleh tempat tinggal sakit. Lantaran tak semuanya tempat tinggal sakit memperbolehkan pendampingan sepanjang operasi caesar. Hal semacam ini dikerjakan dengan argumen kesehatan serta prosedur operasi tempat tinggal sakit itu.
3- Anda bakal berjumpa dengan pakar anestesi yang bakal memberi obat bius hingga, anda tak terasa sakit saat proses operasi. Ada 2 type anestesi yang dapat didapatkan dari dokter anestesi, yakni :
Anestesi umum : cuma dikerjakan dalam keadaan spesifik saja lantaran Anda mungkin saja tak dapat menahan rasa sakit yang telah kronis atau keadaan penyakit spesifik. Anestesi ini bakal bikin Anda tak sadarkan diri sepanjang proses operasi hingga mungkin saja tak dapat rasakan hadirnya bayi.
Anesteri epidural : anestesi ini diberikan melalui suntikan yang bakal memblok rasa sakit dari sisi tulang belakang hingga Anda akan tidak terasa sakit mulai dari sisi perut ke bawah. Anestesi ini bakal bikin Anda sadar sepanjang proses caesar serta dapat rasakan hadirnya bayi.
4- Sepanjang proses operasi mungkin saja Anda masihlah bakal rasakan tarikan atau desakan di kurang lebih perut tetapi akan tidak merasa sakit lantaran obat yang telah diberikan sebelumnya operasi.
5- Perawat atau dokter bakal menempatkan kateter ke sisi uretra untuk mengalirkan urin sepanjang operasi serta sepanjang masa pemulihan. Kemudian, anda bakal masuk ke ruangan operasi.
6- Bila sepanjang proses operasi nampak keadaan darurat jadi dokter dapat memberi anestesi umum. Proses ini umumnya dikerjakan untuk menangani ibu yang muntah sepanjang operasi hingga, menghindar kemungkinan cairan yang keluar lambung yang dapat mengakibatkan kerusakan paru-paru.
7- Cairan infus serta obat antibiotik bakal diberikan untuk menangani infeksi selama serta sesudah operasi.
8- Sayatan adalah bahaya operasi caesar yang bakal dikerjakan dengan garis horizontal diatas sisi bawah perut, jaringan menuju rahim bakal dipotong secara perlahan-lahan sepanjang operasi. Proses ini bakal berjalan sampai dokter dapat meraih sisi rahim.
9- Bila sisi rahim telah terbuka jadi dokter bakal menarik bayi sampai keluar, memotong tali pusar serta keluarkan plasenta dari rahim. Sesudah proses ini usai jadi dokter bakal tutup jalan lahir Anda.
10- Jahitan bakal diaplikasikan ke sisi jaringan rahim sampai ke susunan kulit paling luar. Jahitan dengan benang yang dapat larut jadi daging bakal dipakai dalam proses ini. Proses ini bakal memerlukan saat pada 30 – 45 menit.
11- Sesudah operasi usai jadi Anda bakal masuk kedalam ruangan pemulihan sampai keadaan Anda stabil serta bayi Anda sehat. Bila proses lancar jadi, bakal selekasnya masuk ke ruangan perawatan.
12- Sepanjang belum dapat makan serta minum dengan baik jadi cairan infus bakal tetaplah diberikan.
13- Biasanya proses pemulihan ini memerlukan saat pada 3 sampai 4 hari sampai, dapat pulang ke tempat tinggal.
14- Anda mesti tetaplah minum obat anti nyeri serta antibiotik sepanjang proses pemulihan untuk menghindar infeksi serta mempercepat pengobatan luka pada sisa jahitan. 

Argumen Kenapa Diperlukan Operasi Caesar? 

Sebagian ibu hamil tetaplah menginginkan persalinan normal saat bakal melahirkan. Tetapi dalam keadaan spesifik jadi operasi caesar terkadan, begitu dibutuhkan dalam keadaan darurat. Di bawah ini sebagian argumen kenapa operasi caesar tetaplah mesti dikerjakan. 
  • Pernah lakukan operasi caesar pada periode kelahiran terlebih dulu. Hal semacam ini dikerjakan untuk menangani rahim yang pecah bila tetaplah lakukan persalinan normal lantaran fisik rahim yang telah pernah alami pembukaan dari dalam. (Baca juga : kemungkinan melahirkan normal sesudah caesar)
  • Pernah mempunyai sisa trauma pada rahim seperti operasi pengangkatan jaringan pada rahim. Umpamanya lantaran berlangsung hamil anggur atau kehamilan ektopik.
  • Kehamilan dengan ciri ciri hamil anak kembar, semakin lebih aman bila dikerjakan kelahiran dengan operasi caesar.
  • Ukuran bayi yang begitu besar hingga, jalan lahir atau vagina mungkin saja akan tidak dapat berisi kepala bayi atau dapat mengakibatkan rusaknya dinding vagina.
  • Bayi yang bakal Anda lahirkan nyatanya mempunyai posisi yang sungsang seperti perut, pantat atau kaki yang telah masuk ke ruangan panggul.
  • Anda alami kelainan posisi plansenta seperti plasenta pervia yakni plasenta yang ada dibagian rongga panggul hingga dapat mengakibatkan bayi dalam keadaan yang darurat.
  • Bayi yang bakal dilahirkan mungkin saja alami kelainan atau cacat, yang mustahil dapat melalui persalinan normal.
  • Leher rahim atau serviks Anda tak buka dengan prima hingga, bayi mustahil dapat turun melalui vagina sesaat kontraksi telah mustahil berlangsung serta ibu telah kelelahan.
  • Keadaan detak jantung bayi melambat lantaran induksi, atau stress hingga nyawanya dalam keadaan darurat.
  • Leher bayi terlilit tali pusat hingga dapat mengakibatkan bayi Anda kurang oksigen serta kemungkinan janin yang wafat dalam kandungan begitu tinggi.
  • Pada pasien penyakit spesifik seperti HIV/AIDS yang dapat mengakibatkan bayi terinfeksi virus dari cairan vagina waktu persalinan normal.

Panduan Pemulihan Cepat Sesudah Operasi Caesar 

Biasanya ibu yang baru melalui persalinan caesar mengeluh dengan proses pemulihan yang begitu lama. Kadang-kadang proses pemulihan jalan begitu lambat hingga, ibu kehilangan saat untuk menyusui atau menggendong bayi yang baru dilahirkan. Di bawah ini yaitu cara-cara pemulihan operasi caesar supaya jadi lebih cepat :
Tahap 1
Coba bergerak sedikit untuk sedikit pada hari ke-2 sesudah operasi. Bila ibu selalu diam ditempat tidur jadi, ada kemungkinan bekuan darah yang ada dibagian badan bawah hingga, bikin rasa yang lebih sakit saat bangun dari tempat tidur.
Tahap 2
Badan memerlukan daya untuk dapat sembuh serta bergerak banyak hingga, tambah baik bila tetaplah makan. Mungkin saja ibu terasa tak nafsu makan sesudah operasi tetapi, badan memerlukan konsumsi yang baik. Bila Anda makan jadi anda dapat bergerak dengan lebih gampang serta badan juga merespon dengan baik untuk menangani rasa sakit terlalu berlebih.
Tahap 3
Untuk memulihkan jahitan sepanjang dirumah, jadi jangan sampai mengangkat beban berat. Bahkan juga semakin lebih baik bila seorang menolong untuk mengangkat bayi bila mau menyusui. Bila ibu sangat banyak mengangkat beban berat jadi, dapat bikin sisa jahitan alami banyak desakan hingga lama untuk pulih.
Tahap 4
Banyak istirahat bakal menolong badan Anda cepat sembuh. Anda pastinya akan terasa begitu suka lantaran hadirnya bayi dirumah tetapi Anda tetaplah mesti banyak istirahat untuk memulihkan tenaga. Sepanjang proses ini jadi tambah baik bila Anda memperoleh pertolongan untuk menjaga bayi.
Tahap 5
Pakai baju yang nyaman serta tidaklah terlalu ketat terlebih pada daerah sisa operasi caesar. Baju yang nyaman bakal hindari luka dari gesekan serta desakan yang dapat bikin luka tak cepat kering.
Tahap 6
Bila sisa luka operasi caesar merasa sakit, bengkak, berdarah serta bau jadi selekasnya kontrol ke dokter. Dokter bakal mengecek peluang infeksi serta memberi obat hingga badan Anda bakal jadi tambah baik. (Baca juga : kemungkinan operasi caesar yang mungkin saja berlangsung)

Jadi persalinan normal ataupun operasi caesar adalah langkah persalinan yang aman. Apa pun pilihan ibu yang bakal melahirkan jadi keselamatan serta kesehatan ibu serta janin yaitu prioritas paling utama.

Loading...