Proses Kehamilan: Proses Pembuahan Sampai Terbentukanya Janin

Posted on
Loading...

Proses kehamilan-Ada 8-9 dari 10 pasangan yang mau mempunyai keturunan umumnya bakal memperoleh bayi dalam satu tahun pertama. Sementara pasangan lain memerlukan waktu lebih lama meski sebenarnya ingin cepat hamil.

Bila tak ada keadaan serius yang mengganggu kesuburan pasangan, kehamilan sesungguhnya bisa direncanakan serta dideteksi lebih awal dengan mengerti bagaimana proses pembuahan berlangsung.

Loading...

Sel telur dalam tubuh wanita akan masak setiap periode tertentu pada setiap bln.. Sementara pria setiap saat senantiasa menghasilkan jutaan sperma. Tetapi dari sekitaran 350 juta sperma yang di produksi waktu ejakulasi, cuma satu sperma yang sukses membuahi sel telur.

Waktu Sperma Berjumpa Sel Telur 

Awal pembuahan terjadi ketika Anda serta pasangan tengah nikmati hubungan seksual. Waktu capai orgasme, penis pria keluarkan cairan mani yang kaya dengan sperma kedalam vagina. Cairan ini melesat kedalam rahim mencari jalan untuk berjumpa dengan sel telur.

Kontraksi lembut pada rahim menolong sperma hidup dalam saluran reproduksi meraih sel telur. Sperma-sperma bakal lakukan perjalanan selama lebih kurang 18 cm dari leher rahim ke tuba falopi dimana sel telur berada. Sperma pertama yang berjumpa dengan sel telur bakal berupaya menembus cangkang sel supaya berlangsung pembuahan.

Biasanya sperma-sperma ini bisa berenang dengan kecepatan 2, 5 cm setiap 15 menit. Sebagian sperma bisa menggunakan waktu 1/2 hari untuk meraih tujuan. Sementara sperma paling cepat umumnya meraih sel telur dalam tempo 45 menit.

Pembuahan mesti berlangsung dalam tempo 24 jam sesudah sel telur dihasilkan. Sesudah satu diantara sperma sukses menembus sel telur, sel itu beralih bentuk sehingga sperma lain tak dapat menembus masuk. Waktu itulah janin terbentuk.

Tetapi bila sperma tak juga temukan sel telur untuk dibuahi, mereka bisa masih bertahan dalam tuba falopi sampai 7 hari sesudah jalinan seksual. Bila dalam 7 hari itu wanita alami ovulasi, maka pasangan itu bakal memperoleh keturunan.

Type kelamin bayi ditetapkan oleh type kromosom dari sperma lelaki yang berjumpa dengan kromosom dari sel telur wanita. Sel telur wanita senantiasa mengandung kromosom X sedang sel sperma dapat mengandung X atau Y. Gabungan kromosom X serta kromosom Y membuat type kelamin lelaki, sedang gabungan dua kromosom X membuat type kelamin wanita.

Bayi lelaki atau wanita ditetapkan oleh sperma manakah (X atau Y) yang lebih dahulu meraih serta membuahi sel telur. Type kelamin bayi bisa dideteksi dengan USG kurang lebih waktu hamil 5 bln..

proses terjadinya pembuahan

Kapan Ovulasi Berlangsung? 

Bila siklus haid Anda yaitu 28 hari, maka ovulasi umumnya berlangsung pada sekitaran 14 hari sesudah hari pertama periode menstruasi paling akhir. Pada minggu ke-2 siklus menstruasi, hormon estrogen membuat rahim membuat susunan jaringan tebal untuk menghadapi datangnya sel telur yang telah dibuahi supaya bisa berkembang.

Di waktu bersamaan, ovarium mematangkan sel telur dalam kantung folikel. Pada minggu ketiga, terjadi ovulasi, yakni waktu sel telur turun kedalam tuba falopi untuk lalu berjumpa dengan sperma.

Sesudah Sel Telur Dibuahi 

Pada step ini, materi genetis dalam sperma serta sel telur yang sudah dibuahi atau zigot berkombinasi membuat beberapa sel baru. Beberapa sel yang terbentuk lalu bakal menuruni tuba falopi menuju rahim.

Dalam perjalanan menuju rahim, beberapa sel itu selalu membelah diri sampai jadi kian lebih 100 sel waktu tiba di rahim, jadi embrio. Kehamilan baru bakal terjadi saat embrio sudah menanamkan diri pada dinding rahim untuk lalu berkembang. Sistem ini dimaksud implantasi.

Ketika implantasi, sebagian wanita bisa alami pendarahan ringan sepanjang 1-2 hari. Waktu dinding rahim menguat, leher rahim juga tertutup dengan cairan, hingga jadi tempat yang layak sebagai tempat bayi berkembang.

Ada saatnya terjadi kehamilan ektopik, yakni saat sel telur yang sudah dibuahi tertanam diluar rahim, misalnya di tuba falopi. Keadaan ini adalah keadaan kritis yang membutuhkan perlakuan medis selekasnya. Kehamilan ektopik kerap ditandai dengan sakit perut, pendarahan serta nyeri pada bahu.

Sesudah berlangsung pembuahan, keluar hormon chorionic gonadotropin (hCG) yang berikan nutrisi sel telur yang sudah dibuahi untuk berkembang. hCG yaitu hormon yang di produksi di saat kehamilan oleh beberapa sel pembentuk plasenta. Biasanya kandungan hCG bakal bertambah setiap 72 jam.

Tingkatnya bisa dideteksi dengan kontrol kandungan darah kira-kira 11 hari sesudah pembuahan berlangsung, atau 12-14 hari sesudah pembuahan dengan tes urine. Kandungan hCG meraih puncaknya pada 8-11 minggu pertama saat kehamilan serta lalu alami penurunan pada bekas saat kehamilan.

Pasca-diagnosis Kehamilan 

Pertanda hamil bisa tidak sama pada setiap wanita. Contoh tanda tanda hamil yaitu lemas, mual, serta nyeri pada payudara. Tidak hanya mengecek tanda-tanda kehamilan dengan cara mandiri, Anda bisa meyakinkan status kehamilan dengan memakai test pack yang di jual bebas di market atau di konfirmasi dengan kontrol USG di klinik dokter atau tempat tinggal sakit.

Sesudah di pastikan hamil, dokter bakal mengkalkulasi tanggal perkiraan persalinan Anda dengan mengkalkulasi dari hari pertama menstruasi paling akhir serta memberikannya dengan jumlah hari sampai 9 bln. lalu. Anda dapat juga memprediksi tanggal persalinan dengan memasukkan data ke kalkulator perkiraan tanggal kelahiran.

Setelah itu, waktu hamil sebulan atau sesudah minggu ke empat sel telur dibuahi, embrio yang sudah tertanam didalam rahim bakal mulai membuat jaringan serta organ-organ badan.

Kehamilan baiknya dibawa dengan teratur sesuai saran dokter untuk memonitor kesehatan janin serta ibu. Anda bisa temukan rujukan dokter kandungan yang terpercaya dari kerabat, rekan, atau beberapa komunitas kesehatan lokal internet. Sedapat mungkin dokter kandungan yang memonitor perubahan janin dari bln. ke bln. yaitu dokter yang nanti akan memproses persalinan.

Loading...