darah haid menggumpal

7 Penyebab Darah Haid Menggumpal Saat Menstruasi

Posted on
Loading...

Darah Haid Menggumpal

Warna darah haid yang di keluarkan ketika menstruasi biasanya berwarna merah kehitaman serta berwujud encer. Tetapi ada saatnya di bebrapa waktu spesifik bentuk darah haid dapat berwarna merah cerah atau merah kehitaman serta menggumpal.

Kondisi ini normal dihadapi oleh wanita di ketika awal siklus haid. Tetapi jika kondisi ini berlanjut selalu, mungkin adalah tanda-tanda dari satu kelainan.

Loading...

Darah haid yang menggumpal umumnya tampak lebih kental serta semakin banyak serta biasanya terjadi di hari-hari pertama menstruasi terjadi.

Saat menstruasi keluar gumpalan daging, maka Anda tak perlu cemas bila alami keadaan ini, sebab gumpalan itu terjadi akibat zat anti pembekuan darah (koagulan) tak mempunyai cukup saat untuk bekerja.

Ketika tengah alami haid, tubuh wanita menghasilkan zat anti koagulan yang bakal menghindari pembekuan darah, hingga darah haid tetap dalam keadaan encer serta dapat di keluarkan.

Tetapi ketika awal siklus menstruasi, jumlah darah yang di keluarkan umumnya amat banyak, zat anti koagulan yang bekerja tak mempunyai cukup saat untuk bekerja hingga terjadi gumpalan darah haid yang terbawa keluar berbarengan darah yang encer.

Darah menstruasi menggumpal itu wajah. Sebab memanglah dapat berubah warna serta kekentalannya sepanjang periode menstruasi, serta ini normal. Tetapi ada saatnya perubahan dalam warna, kekentalan, atau penggumpalan itu memperlihatkan terjadinya sebuah permasalahan.

Anda juga tentu pernah alami gumpalan darah menstruasi, tak tahu dengan warna merah fresh atau menghitam. Umumnya hal semacam ini terjadi saat menstruasi lagi deras-derasnya.

Gumpalan darah yang keluar berkali-kali ini bikin darah mens Anda tampak lebih kental atau lebih padat dari pada umumnya.

Gumpalan darah saat menstruasi?

darah haid menggumpal

Tubuh kita umumnya melepas antikoagulan (zat pencegah pembekuan darah) untuk melindungi darah mens menggumpal saat di keluarkan. Namun saat volume darah mens tengah tinggi serta di keluarkan dengan cepat, antikoagulan ini tak miliki cukup saat untuk menghindari pembekuan darah.

Nah, begitulah yang mengakibatkan darah keluar berbentuk gumpalan-gumpalan.

Warna darah mens sendiri umumnya jadi coklat gelap atau menghitam mendekati akhir masa-masa haid. Ini juga normal saja. Terjadinya lantaran darah itu udah lebih lama didalam tubuh, serta tak di keluarkan dengan cepat.

Struktur darah yang amat kental serta condong menggumpal, atau pelepasan yang deras mungkin cuma lalu, serta tak perlu di kuatirkan.

Namun bila Anda keluarkan gumpalan darah dalam jumlah yang berlebih, atau keluarnya demikian deras terus-menerus hingga tubuh jadi merasa lemas serta cepat capek, ada peluang Anda alami anemia. Baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk tahu pemicunya.

7 Penyebab Darah Haid Menggumpal

Darah haid yang sangat banyak keluar terlebih bila bergumpal-gumpal jelas tak baik untuk kesehatan. Demikian halnya bila siklus menstruasi sangat lama atau melebihi dari tujuh hari. Keadaan ini dikatakan sebagai siklus haid yg tidak normal serta bisa menyebkan terjadinya anemia.

Kondisi tak normal pada siklus haid ini dikarenakan oleh sebagian aspek, yakni :

1. Perubahan hormonal

Hormon estrogen serta progesteron punya pengaruh pada siklus menstruasi yakni dalam pembentukan selaput dinding rahim. Bila ke-2 hormon ada dalam komposisi seimbang jumlah darah serta saat haid bakal normal.

Tetapi bila komposisi ke-2 hormon itu tak seimbang bisa terjadi pembentukan dinding rahim yang tidak tipis serta yang berlebih. Tebalnya dinding rahim ini bakal bikin darah haid yang keluar sejumlah amat banyak serta bergumpal-gumpal.

Tidak seimbangan hormon estrogen serta progesteron bisa dikarenakan oleh keadaan tubuh yang amat gemuk, resikonya dari mengkonsumsi obat steroid serta keadaan rahim yg tidak mengecil pasca melahirkan.

2. Fibroid

Pada sebagian wanita yang mempunyai fibroid didalam rahimnya umumnya bakal alami pendarahan yang semakin banyak, lebih lama serta dibarengi dengan gumpalan-gumpalan darah.

Fibroid yang ada di rahim ini umumnya tak menyebabkan keluhan serta tanda-tanda sepanjang pertumbuhannya.

3. Keguguran

Jika terjadi pembuahan serta janin dalam kandungan tak dapat bertahan, janin bakal di keluarkan dari rahim lewat vagina berbentuk darah encer serta gumpalan darah yang jumlahnya amat banyak.

Darah akibat keguguran amat khas, yakni terdapat banyak gumpalan-gumpalan berwarna abu-abu sampai merah hati.

4. Mioma uteri

Mioma atau tumor jinak yang ada di uterus bakal memperluas permukaan endometrium. Hal semacam ini menyebabkan rasa nyeri ketika menstruasi serta bikin darah haid yang keluar jadi semakin banyak serta bergumpal.

5. Terjadinya Adenomiosis

Adenomiosis yaitu perubahan yang terjadi pada otot rahim yang mengakibatkan membesarnya rahim serta mengganggu kontraksi otot rahim mengakibatkan darah haid keluar dengan menggumpal serta amat banyak.

6. Infeksi rahim

Terjadinya infeksi di rahim serta salurannya bakal bikin saat haid jadi lebih lama serta darah yang di keluarkan semakin banyak serta bergumpal. Hal semacam ini mengakibatkan munculnya resiko kesehatan seperti anemia.

7. Ada obstruksi

Obstruksi bakal mengakibatkan darah haid alami penggumpalan saat sebelum keluar lewat vagina. Yang termasuk juga obstruksi umpamanya ada polip pada leher atau mulut rahim, dan sebagian infeksi yang mengakibatkan penyumbatan saluran reproduksi.

Selekasnya ke Dokter Bila Darah Haid yang Menggumpal Dibarengi Keluhan Lain

Darah haid yang keluar secara menggumpal dimuka menstruasi biasanya digolongkan sebagai keadaan yang normal. Namun bila keadaan itu terjadi secara terus-terusan sepanjang menstruasi berjalan pada melebihi dari tiga siklus haid peluang ada permasalahan lain yang butuh di check.

Hubungi dokter kandungan bila anda alami keadaan itu terlebih bila haid diimbangi dengan rasa sakit yang sangat amat.

Biasanya haid yg tidak normal dibarengi keluhan sakit kepala, kulit serta mata pucat, siklus menstruasi yg tidak teratur serta terjadinya pendarahan diantara 2 siklus menstruasi.

Dokter bakal lakukan kontrol selanjutnya dengan memerhatikan tanda-tanda yang dihadapi seperti kontrol USG vagina, tes MRI (untuk tahu perkembangan fibroid), kontrol darah (untuk tahu tanda-tanda animea), biopsi (untuk mengkaji jaringan didalam rahim), dilatasi serta kuret.

Seseorang wanita sebaiknya perduli pada kesehatannya termasuk juga kesehatan organ kewanitaan. Gumpalan darah haid yang berlebihan ketika siklus menstruasi adalah tanda-tanda ada kelainan di rahim.

Jika abnormalitas ini berlanjut serta menyebabkan beragam keluhan lain, baiknya selekasnya menghubungi dokter.

Loading...