warna darah haid hitam

Penyebab Darah Haid Berwarna Hitam dan Bermasalah

Posted on
Loading...

Darah Haid Hitam

Saat haid, wajarnya darah yang keluar berwarna merah. Namun bagaimana bila yang Anda alami malah warna darah haid hitam.

Anak wanita yang usianya diatas 11 atau 14 th., kemungkinan udah umum didatangi oleh tamu yang datang tiap bulannya. Kehadiran tamu yang umum dimaksud menstruasi itu umumnya bakal berjalan sepanjang tiga sampai lima hari, dengan jarak kurang lebih 21-35 hari sekali.

Loading...

Saat menstruasi, darah haid bakal keluar dari vagina wanita. Darah ini bercampur dengan susunan rahim yang luruh lantaran tak ada pembuahan sel telur oleh sperma.

Darah haid itu sejatinya berwarna merah, tetapi bila nyatanya darah haid yang keluar berwarna hitam, Anda janganlah langsung cemas. Darah haid kadang-kadang mungkin berwarna cokelat gelap atau nyaris hitam. Dalam rata-rata masalah, darah haid berwarna cokelat adalah hal yang betul-betul normal.
Selama siklus menstruasi, warna serta ketekunan darah dapat beralih. Darah haid dapat cair serta sedikit, tetapi dapat juga mengental serta keluar dengan deras atau banyak. Darah haid dapat juga berwarna merah jelas, cokelat, atau berwarna gelap.

Umumnya, darah berwarna cokelat gelap atau nyaris hitam keluar mendekati selesainya siklus menstruasi Anda. Warna darah haid hitam atau cokelat adalah perubahan warna yang normal. Hal semacam ini terjadi lantaran darah haid udah berumur lebih lama tak di keluarkan dari tubuh dengan cepat.

Dengan kata lain, saat tubuh meluruhkan susunan rahim pada sekian hari pertama siklus menstruasi, darah umumnya berwarna merah. Tetapi diakhir siklus menstruasi, darah yang di keluarkan adalah darah tua serta peluang beralih warna.

Serta kadang-kadang, bercak atau darah berwarna cokelat dapat keluar di tengah-tengah siklus menstruasi Anda (saat Anda tak tengah haid). Hal itu lebih umum terjadi pada anak wanita yang baru menstruasi, wanita yang tengah memakai alat kontrasepsi, atau wanita yang mendekati masa-masa menopause.

Kapan Mesti Cemas darah Hitam atau Bermasalah?

Seperti dijelaskan diatas, perubahan bakal warna darah haid atau darah haid hitam kerapkali adalah hal yang normal. Tetapi terdapat banyak permasalahan yang mungkin saja mengakibatkan perubahan warna pada darah haid, seperti keguguran, uterus yang meregang saat hamil serta tak kembali pada ukuran aslinya, aliran darah haid dari uterus ke vagina terhalang atau terhambat, atau menopause.

Permasalahan yang terjadi saat haid atau menstruasi tidak sering jadi hal serius. Tetapi disarankan untuk selekasnya mencari anjuran serta penyembuhan dari dokter bila menstruasi tak teratur atau darah kerap keluar diluar saat haid.

Anda juga disarankan siaga bila sepanjang haid terasa pusing, kelelahan saat menjalani kesibukan normal, kulit tampak pucat, serta kuku berwarna pucat (bukanlah pink).

Biasanya, darah haid hitam adalah hal yang lumrah terjadi. Anda tak perlu sangat cemas bila terjadi perubahan warna darah haid, namun bila perubahan warna darah dibarengi tanda-tanda lain serta Anda terasa sangsi, selekasnya periksakan ke dokter.

Darah Haid Warna Hitam atau Bermasalah

warna darah haid hitam

Walau sudah dijelaskan kalau warna darah haid tidaklah jadi patokan paling utama untuk memastikan normal atau tidaknya haid seorang, walau demikian hal semacam ini tak tutup peluang juga kalau warna haid memperlihatkan sinyal kalau ada sebagian permasalahan.

Karenanya, berikut ini ini bakal diterangkan tentang beberapa hal yang mengakibatkan darah haid Anda punya masalah.

Keguguran

Seorang mungkin tak mengerti kalau nyatanya ia tengah dalam kondisi hamil (terlebih pada wanita yang belum pernah memiliki kandungan sekalipun). Hingga, pada ketika terjadi perdarahan pervaginam ia bakal menduga kalau dirinya alami perdarahan bulanan dengan kata lain haid seperti umumnya.

Perdarahan yang terjadi oleh lantaran seorang alami keguguran adalah ada banyak gumpalan darah atau jaringan. Karena itu, bila anda alami perdarahan haid dengan gumpalan darah yang keluar semakin banyak dari umumnya, sebaiknya untuk selekasnya memeriksakan diri ke dokter untuk meyakinkan kondisi anda. (Baca juga : sinyal tanda keguguran – makanan pasca keguguran)

Fibroid

Fibroid adalah tumor jinak yang terbentuk di rahim tanpa menyebabkan tanda-tanda yang penting, bahkan juga hingga tak ada tanda-tanda sekalipun.

Tetapi anda butuh mencurigai saat jumlah darah haid semakin banyak dari umumnya lantaran fibroid didalam rahim sangat mungkin anda mempunyai gumpalan darah yang semakin banyak dari umumnya.

Perubahan Hormonal

Hormon estrogen serta progesteron adalah hormon yang amat perlu untuk wanita. Ke-2 hormon berikut yang mengatur susunan rahim serta bersama produksinya.

Terganggunya keseimbangan hormon ini bakal mengakibatkan pengembangan susunan rahim yg tidak normal dimana dapat terjadi penebalan yg tidak semestinya.

Akibatnya karena penebalan yang terjadi, beresiko juga pada perdarahan haid sebagai semakin banyak dan bisa mengakibatkan pembekuan darah haid. Banyak hal penyebabnya perubahan hormonal ini adalah :

  • Menopause
  • Resikonya pemakaian obat-obatan spesifik terlebih yang memiliki kandungan steroid
  • Perubahan berat tubuh yang drastis
  • Ukuran uterus yg tidak normal, yaitu sangat besar
  • Obsturksi, ada suatu hal yang menghambat atau menghalangi aliran darah haid keluar dari vagina
  • Adenomiosis atau endomoetriosis, yaitu ada perkembangan jaringan pembentuk susunan rahim yang salah

Selekasnya hubungi dokter jika Anda alami :

  • Siklus, lama, jumlah darah haid yg tidak teratur
  • Terjadi perdarahan diluar siklus haid yang sangat sering
  • Kelelahan yang amat walau cuma beraktivitas normal biasa
  • Pucat

Selain itu,

Anda bisa juga bisa konsultasi ini untuk pengetahuan lebih

“Umur saya 24 tahun. Selama ini saya tidak pernah ada masalah dengan haid, hingga dua bulan lalu. Warna haid saya yang biasanya seperti warna darah, merah segar, tiba-tiba berwarna agak hitam dan kental. Terus terang, ini membuat saya menjadi agak takut kalau-kalau ada penyakit di rahim atau organ reproduksi saya. Apakah warna haid yang kehitaman seperti ini masih terbilang normal? Apakah ada hubungannya warna darah haid yang menghitam dengan aktivitas saya yang makin sibuk belakangan ini? Ataukah ada gangguan pada rahim saya? Seperti apa haid yang normal itu?” (Rena, Batam)

Menurut dr Dewi Prabarini, SpOG, dokter spesialis kebidanan dan kandungan dari Brawijaya Woman & Children Hospital, darah haid terdiri atas komponen cairan darah, lendir, dan jaringan dinding rahim (endometrium). Warna darah haid, memang tidak selalu merah segar, tapi bisa agak kecoklatan atau kehitaman. Warna ini sendiri dipengaruhi oleh keadaan asam/basa dan cairan Miss V.

Penampilan bisa lebih kemerahan jika komposisi darah lebih banyak. Warnanya bisa pudar kecoklatan jika lendir lebih banyak. Dan, warna bisa kehitaman jika jaringannya yang lebih banyak. Jumlah darah haid dan komponennya pun bisa berubah, tergantung kondisi perempuan saat mengalami haid. Misalnya, jika seorang perempuan sedang menderita anemia atau kurang darah, maka warna darah haidnya akan lebih kehitaman.

Yang jelas, kriteria haid normal lebih dilihat dari waktu periodik yang terjadi setiap 21-40 hari, dengan durasi 1-10 hari, dan jumlah pembalut 1-6 pembalut per hari. Bukan dari warna darah yang merah, hitam, atau coklat.

Jadi, sebenarnya Anda tidak perlu terlalu khawatir. Bisa saja darah kehitaman yang Anda alami dan keluhkan ini tergolong normal selama memenuhi kriteria darah haid normal tadi.

Loading...