bayi rewel saat menyusui

9 Penyebab Bayi Rewel Saat Menyusui dan Tips Mengatasinya

Posted on
Loading...

Bayi Rewel Saat Menyusui

Ibu mana yg tidak stres apabila si kecil mendadak rewel waktu disusui? Bunda tentu bertanya-tanya apa pemicunya. Well, kami bakal mengulas selesai apa yang jadi argumen si kecil mendadak rewel waktu menyusui serta pemecahannya.

9 Alasan Bayi Rewel Saat Menyusui

1. Posisi Serta Pelekatan Yang Kurang Tepat

Saat bayi diposisikan dengan baik di payudara, ia bakal terasa lebih santai serta tenang sepanjang menyusu. Ini lantaran posisi serta pelekatan yang bagus bantu meyakinkan bayi terasa nyaman serta dapat mengisap ASI secara efisien serta efektif sepanjang menyusu.

Loading...

2. Bayi Tengah Dalam Step Perubahan Tertentu

Seluruh bentuk step perubahan yang tengah dilewati bayi dapat memengaruhi proses menyusu untuk lalu saat. Si kecil mungkin saja lebih rewel waktu menyusu atau jadi seringkali menyusu.

3. Aliran ASI

Dimuka session menyusu, umumnya bayi meghisap ASI cepat serta dalam. Hisapan bentuk ini bantu merangsang saraf di ujung puting serta aerola lantas bantu ASI mengalir. Sesudah ASI mengalir, bayi mengisap lebih dalam serta lebih memiliki irama. Sebagian ibu mempunyai aliran ASI yang cepat dimuka session menyusui. Umumnya ini cuma berlangsung waktu payudara penuh.

Sebagian bayi, umumnya di sebagian minggu sesudah dilahirkan, ada yang kesusahan menangani aliran ASI yang cepat. Bila tak dapat menangani aliran yang deras, bayi dapat tersedak serta terbatuk. Perihal ini pula yang bikin sebagian bayi tak tenang serta rewel waktu menyusu.

Namun pada bayi lain, ada pula yang jadi rewel saat aliran ASI melambat. Bila ini berlangsung pada Bunda, pakai kompres di payudara untuk bantu tingkatkan aliran ASI atau pindahkan bayi ke payudara yang lain.

bayi rewel saat menyusui

4. Bayi Usai Menyusu

Saat bayi jadi tambah besar, mereka lebih efektif menyusu. Namun sebagian ibu mengharapkan bayi menyusu untuk rentang saat spesifik serta kuatir bila bayi tak memperoleh cukup ASI apabila disusui dengan durasi lebih pendek serta selalu berupaya supaya bayi tetap menyusu di payudara. Apabila bayi memperlihatkan sinyal udah kenyang, biarlah ia berhenti serta susui kembali kapanpun ia ingin.

5. Umur Bayi

Biasanya, bayi alami growth spurts (perkembangan yang cepat) waktu ia berumur sekian hari sesudah dilahirkan serta kurang lebih di umur 7-10 hari, 2-3 minggu, 4-6 minggu, 3 bln., 4 bln., 6 bln., 9 bln., dan sebagainya. Nah, banyak bayi yang lebih rewel sepanjang growth spurts berjalan. Terkadang bila ia tengah mengalmi growth spurts, si kecil dapat menyusu selama malam atau siang non stop lho Bun.

Ini tak bermakna ASI Bunda kurang, namun bayi memerlukan jumlah ASI semakin banyak sepanjang growth spurts berjalan. Bila proses ini terlah usai (umumnya berlangsung dalam sekian hari hingga 1 minggu), bayi bakal menyusui kembali dengan normal.

6. Bayi Tak Ingin Menyusu

Terkadang susah tahu apa yang dikehendaki si kecil, ya Bun? Memanglah tidak ada kelirunya tawarkan ASI pada bayi, namun apabila ia rewel mulai sejak awal ditawari menyusu, mungkin saja ia tengah tak mau menyusu. Cobalah menawarkan lagi kelak.

7. Bayi Tengah Tumbuh Gigi

Bayi yang tengah tumbuh gigi bakal alami pembengkakkan pada gusi serta ini dapat membuatnya lebih rewel waktu menyusu. Apabila memanglah si kecil tengah tumbuh gigi, berikanlah benda yang dingin seperti teether untuk dikunyah saat sebelum menyusu.

8. Bayi Lelah serta Mengantuk

Sebagian bayi sukai menyusu mendekati tidur. Namun tak seluruh bayi sekian. Ada bayi yang suka menyusu sampai tertidur, ada pula yang jadi rewel waktu menyusu, terlebih waktu mereka terasa capek serta mengantuk.

9. Bayi Butuh Disendawakan

Banyak bayi bakal menangis, rewel, serta menarik diri dari payudara apabila mau disendawakan. Cobalah sendawakan si kecil waktu Bunda akan memindahkannya untuk menyusu di payudara yang lain. Atau sendawakan ia sesudah menyusu.

Bayi yang menyusu ASI tak hirup hawa sangat banyak sepanjang menyusu di banding bayi yang minum susu dari botol, jadi umumnya tak perlu kerap disendawakan. Apabila bayi menangis saat sebelum menyusu, peluang ia hirup semakin banyak hawa waktu menangis serta butuh seringkali disendawakan sepanjang session menyusu.

Bayi butuh disendawakan pada sebagian bln. pertamanya. Saat bayi udah dapat bergerak lebih bebas, ia dapat melepas gas gastris sendiri. Ini umumnya berlangsung pada bln. 4 sampai 6, namun keadaan setiap anak bakal tidak sama.

Posisi sendawa terbaik yaitu dengan memberi tekanan yang tegas pada perut bayi. Anda dapat cobalah meletakkan bayi di bahu dengan posisi tegak supaya ada tekanan pada perut bayi. Lakukan ini sembari jalan-jalan bakal mengalihkan perhatian si kecil cukup lama sampai ia bersendawa. Anda dapat juga tengkurapkan bayi serta menyendawakannya di posisi ini.

Bila 9 argumen diatas tak ada yang cocok dengan keadaan si kecil, terdapat banyak penyebabnya lain yang bikin bayi rewel serta menampik menyusu, diantaranya :

  • Ada peradangan pada payudara atau mastitis, yang bikin ASI merasa asin. Sesudah bayi usai menyusu, tetap pompa ASI untuk bantu bersihkan payudara yang terserang mastitis. Apabila peradangan lebih baik, rasa asin bakal menyusut.
  • Bayi tak suka pada rasa atau aroma lotion atau product minyak wangi yang Anda gunakan di dekat payudara. Bayi suka pada bau alami Anda, jadi cobalah jauhi product yang mempunyai bau kuat. Bila Bunda teratur memakai deodoran, pakai yang berupa roll-on atau stick, dari pada yang berupa semprot.
  • Ada pergantian pada rasa ASI. Ini dapat berlangsung mungkin saja lantaran Anda peka pada makanan spesifik atau kembali alami menstruasi.

Untuk tahu tentu penyebabnya bayi rewel waktu menyusu, cobalah Anda cermati kapan tingkah laku rewel ini berlangsung, apakah sepanjang menyusu atau selama seharian. Apabila bayi rewel pas saat ASI keluar atau selekasnya sesudahnya, ada peluang rewel terkait dengan aliran ASI yang cepat. Apabila bayi rewel saat sebelum ASI keluar, atau sebagian menit serta saat ASI keluar, bayi mungkin saja tak sabar dengan aliran ASI yang cepat. Rewel pada akhir session menyusu dapat bermakna bayi butuh disendawakan, siap untuk berhenti menyusu, cuma mau mengisap, atau mau selalu menyusu pada payudara lain atau mungkin dengan aliran ASI yang lebih cepat.

Apabila tingkah laku rewel kerap berlangsung pada pagi hari, ini dapat dikarenakan aliran ASI yang lebih cepat di banding umumnya lantaran bayi barusan bangun dari tidur panjang serta payudara ibu jadi penuh. Apabila bayi lebih rewel sepanjang menyusu pada malam hari, ini dapat lantaran rewel yang normal yang umumnya dihadapi bayi mendekati malam hari.

Umumnya bayi tak bereaksi pada makanan yang ibu makan, namun terdapat banyak yang sekian. Apabila Anda konsumsi makanan spesifik pada saat yang sama sehari sekali serta bayi alami rewel waktu menyusu di saat yang teratur, cobalah berhenti konsumsi makanan itu sepanjang satu atau dua minggu untuk lihat adakah pergantian.

Panduan Menangani Bayi Rewel Waktu Menyusu

  • Apabila bayi rewel waktu menyusu, berikut ini panduan yang mungkin saja dapat bantu :
  • Bayi yang rewel waktu menyusu bikin ibu stres. Anda dapat biarlah bayi temukan sendiri payudara dengan ikuti instingnya, yang dimaksud baby-led-attachment.
  • Jalan-jalan. Terkadang bayi yang rewel waktu menyusu bakal tenang serta menyusu tambah baik apabila Anda menyusuinya sembari jalan-jalan.
  • Apabila tidak berhasil, istirahatlah. Tidak ada untungnya selalu coba menyusui saat Anda serta bayi stres. Berikan jeda sebentar serta cobalah lagi kelak.
  • Tetap bersabar serta minta support ya, Bun. Anda dapat terbantu dengan bicara pada ibu lain mengenai pengalaman menyusui. Apabila bayi menampik payudara waktu digendong, mintalah pertolongan dari konselor ASI yang memiliki pengalaman.

Sumber: www.ibupedia.com/artikel/kelahiran/ternyata-ini-9-alasan-kenapa-bayi-rewel-saat-menyusu

Loading...