37 Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui & 3 Makanan yang Dilarang

Posted on
Loading...

Makanan Ibu Menyusui

Ibu menyusui umumnya tak perlu lakukan perubahan pada jadwal atau jumlah gizi makanan saat tengah menyusui. Satu hal yang perlu, makanan ibu menyusui mesti dapat memberi nutrisi yang cukup, baik untuk ibu sendiri ataupun untuk bayinya.

Mari kita pelajari banyak hal mendasar berkaitan keperluan nutrisi sepanjang proses itu.

Loading...

Makanan sehat untuk ibu menyusui

Untuk memenuhi keperluan ibu serta bayi, sebagian makanan berikut ini dapat jadikan pilihan ideal untuk beberapa ibu menyusui.

Gandum utuh serta nasi merah.

Keperluan karbohidrat yang dapat diperoleh dari nasi serta roti jelas saja harus dipenuhi. Supaya tak hanya karbohidrat saja yang masuk, sesekali ubahlah menu ini dengan makanan memiliki bahan gandum utuh yang lebih kaya serat.

Makanan bentuk ini dapat mempunyai khasiat yang amat baik untuk ibu serta bayi lantaran kaya asam folat. Tidak hanya gandum utuh, nasi merah dapat jadikan alternatif lantaran dapat sediakan kalori untuk produksi ASI berkwalitas tinggi.

Telur serta ikan.

Cukupi keperluan protein makanan ibu menyusui dengan daging serta telur. Telur memiliki kandungan vitamin D yang bertindak sebagai pembentuk tulang bayi. Pastikan telur yang diperkaya DHA untuk mendapat kandungan asam lemak esensial yang lebih tinggi.

Peroleh juga protein lewat mengkonsumsi ikan, sekurang-kurangnya dua jumlah satu minggu. Pastikan ikan yang kaya DHA, seperti salmon. DHA sendiri tidak hanya bagus untuk perubahan system syaraf bayi, juga bertindak kurangi stres pasca melahirkan untuk sang ibu.

Buah serta sayuran.

Buah serta sayuran mempunyai bermacam mikronutrisi yang bertindak perlu dalam perubahan ibu serta anak. Serat dalam kandungan buah serta sayuran amat baik untuk system pencernaan ibu menyusui. Konstipasi sebagai keluhan paling umum sesudah melahirkan dapat diatasi dengan mengkonsumsi buah serta sayuran yang cukup. Pastikan dulu buah serta sayuran yang Anda mengkonsumsi bebas dari pestisida.

Tingkat Kecukupan Nutrisi yang Harus Di ketahui

inilah-penyebab-dan-cara-meredakan-payudara-nyeri-saat-menyusui

Keperluan gizi ibu menyusui tidak sama dengan wanita yg tidak menyusui. Tingkat nutrisi yang diperlukan jelas saja juga tidak sama. Sebagai deskripsi secara umum, berikut ini ini yaitu banyak hal yang perlu untuk di ketahui.

Kalori

Secara umum, ibu menyusui memerlukan 500 kalori semakin banyak dari wanita yg tidak menyusui. Tetapi, dari pada mengkalkulasi jumlah kalori, tambah baik berpatokan saja pada rasa lapar yang kerap menegur Anda.

Penghitungan kalori dapat tidak sama pada setiap individu lantaran keperluan makanan ibu menyusui amat di pengaruhi oleh beragam aspek dari keadaan ibu menyusui sendiri. Setiap ibu menyusui butuh memperhatikan banyak kesibukan, metabolisme tubuh, serta frekwensi menyusui.

Vitamin serta mineral

Sepanjang menyusui, sebuah hal yang normal bila diperlukan vitamin serta mineral yang semakin banyak dari pada umumnya. Hal semacam ini dikerjakan untuk memenuhi keperluan ibu serta bayinya sekalian. Upayakan keperluan mineral serta vitamin ini terpenuhi supaya ibu serta bayi bisa tumbuh maksimal.

Untuk memperolehnya, pastikan dulu makanan ibu menyusui yang dikonsumsi beragam, seimbang, serta alami. Daya yang dibuat makanan alami dapat bertahan lebih lama dalam tubuh dari pada makanan memiliki bahan sintesis. Makanan yang beragam dapat juga memperkaya gizi air susu, sekalian membiasakan bayi waktu udah dapat diberikan makanan pendamping ASI.

Cairan tubuh

Pastikan dulu keperluan cairan dalam tubuh terpenuhi. Minumlah secara teratur tanpa mesti menanti rasa haus terlebih dulu. Bila warna urine Anda kuning pekat, berikan jumlah air minum Anda.

Walau jumlah konsumsi minum air tak merubah supply ASI untuk bayi Anda, tetapi usaha memenuhi cairan amat perlu pada saat menyusui. Berharap diingat kalau waktu Anda menyusui, tubuh bakal melepas hormon oksitosin yang bakal mempercepat timbulnya rasa haus.

Makanan yang Dilarang untuk Ibu Menyusui

Ibu menyusui harus juga memperhatikan beberapa zat makanan yang dilarang saat menyusui serta punya potensi mengganggu kesehatan ibu serta anak. Sebagian salah satunya yang perlu dijauhi yaitu :

Minuman Keras

Zat alkohol didalam minuman keras bakal ikut dikonsumsi bayi lewat air susu ibu. Walau diijinkan sampai batasan spesifik, hindari seutuhnya bakal jadi tindakan yang bijaksana. Zat alkohol dari sekaleng bir dapat bertahan didalam tubuh kurang lebih 2-3 jam. Berarti, Anda berisiko menyalurkan zat alkohol pada bayi lewat proses menyusui pada bebrapa saat itu.

Kafein

Mengkonsumsi cafein yang berlebih juga amat tak dianjurkan sepanjang Anda menyusui. Janganlah konsumsi kian lebih 3 cangkir kopi dalam satu hari. Tingginya kandungan cafein didalam air susu bisa mengganggu system pencernaan bayi. Cafein juga terdapat dalam coklat, minuman enteng, kopi serta teh.

Ikan yang terkena merkuri

Walau ikan kaya protein, jauhi beberapa ikan yang berisiko sudah terkontaminasi oleh merkuri. Sebagian bentuk ikan yang terkena oleh merkuri yaitu hiu, makarel, todak, serta kakap.

Tidak hanya makanan, hal yang juga butuh dijauhi yaitu rutinitas merokok. Merokok di kurang lebih bayi dapat tingkatkan resikonya untuk alami sebagian keadaan seperti asma, pneumonia, bronkitis serta infeksi telinga. Tidak hanya itu, rutinitas merokok dapat juga kurangi jumlah ASI yang di produksi.

Sesudah tahu apa sajakah makanan ibu menyusui yang direferensikan serta yang perlu dijauhi, Anda dapat tambah nyaman serta aman dalam melakukan proses menyusui.

Jenis Makanan Sehat dan Bergizi untuk Ibu Menyusui

makanan-ibu-menyusui-yang-direkomendasikan

1. Ikan Salmon

Ikan diakui dapat tingkatkan kecerdasan bayi. Satu diantara ikan yang bila dikonsumsi oleh ibu dapat menyehatkan serta mencerdaskan bayi yaitu ikan salmon. Ikan salmon kaya DHA, DHA itu berguna untuk tubuh bayi ibu terlebih dalam bantu perubahan system syarafnya. Memanglah sampai kini ASI sudah memiliki kandungan DHA, tetapi DHA yang ada didalam ikan salmon lebih tinggi dibanding dengan ASI. Oleh karenanya tak ada kelirunya ibu memberi tingkatan DHA dalam ASInya dengan mengonsumsi ikan salmon sehari sekali.

2. Yoghurt

Khasiat yoghurt untuk ibu hamil sudah banyak di ketahui dalam dunia medis terlebih untuk organ pencernaan. Yoghurt memabantu usus dalam mengolah makanan serta memperlancar BAB hingga toksin yang ada didalam usus bakal terbuang berbarengan BAB itu. Yoghurt bila dikonsumsi oleh ibu menyusui amat berguna sekali, tidak hanya rendah lemak yoghurt berguna untuk tulang ibu serta tulang bayi. Hal semacam itu karena product olahan susu rendah lemak itu banyak terkandung kalsium.

3. Susu Rendah Lemak

Susu dengan rendah lemak juga perlu dikonsumsi oleh ibu, hal semacam itu karena susu banyak terkandung khasiat kalsium untuk ibu hamil. Susu juga kaya protein, vitamin B serta vitamin D. Saat menyusui janganlah lupa untuk mengonsumsi susu tiap harinya sebab susu bakal bantu tumbuh serta kembang bayi. Perkembangan tulang bayi juga bakal tercukupi dengan mengonsumsi susu, susu dapat juga bikin tulang bayi makin kuat. Meminum susu sehari sekali berguna juga untuk ibu dalam penuhi konsumsi kalsium untuk tulang.

Waktu menyusui, kandungan kalsium pada tulang ibu bakal makin menipis. Mengakibatkan ibu kerap mengeluh nyeri pada tulangnya. Hal semacam itu mengisyaratkan sudah ada penipisan tulang serta kalsium pada tubuh ibu. Mengonsumsi tiga cangkir susu tiap harinya dapat melakukan perbaikan konsumsi kalsium untuk ibu.

4. Keju Dipasteurisasi

Keju yang sudah dipasteurisasi berguna untuk perkembangan tulang serta gigi. Argumennya yaitu keju product olahan susu kaya kalsium. Sampai kini kalsium diakui dalam perkembangan tulang serta gigi manusia. Mengonsumsi 50 gr keju tiap harinya dapat berguna untuk perkembangan tulang serta gigi bayi.

5. Daging Sapi

Daging sapi juga baik dikonsumsi oleh ibu yang menyusui. Hal semacam itu karena daging merah sapi kaya khasiat zat besi. Ibu yang menyusui serta mempunyai bayi rawan untuk terserang anemia. Bila ibu terserang anemia, ibu bakal gampang capek serta gampang stress. Waktu stress produksi ASI ibu bakal alami penurunan hingga bayi tak mendapat cukup ASI. Mengonsumsi 100 gr daging sapi tanpa lemak tiap harinya dapat melakukan perbaikan kandungan zat besi pada tubuh ibu.

6. Kacang Hijau

Sampai kini kacang hijau sudah di kenal sebagai makanan yang berguna untuk kesehatan. Segenggam kacang hijau yang sudah di rebus serta dikonsumsi tiap harinya dapat berguna untuk ibu yang menyusui sebab memperlancar ASI. Upayakan untuk meminum air rebusan kacang hijau berbarengan dengan kacang hijaunya.

7. Kacang Merah

Makanan yang perlu untuk ibu menyusui yang lain yaitu kacang merah. Kacang merah kaya protein serta kaya zat besi. Zat besi bakal menghindari ibu serta bayi terserang anemia tidak hanya itu protein berguna juga untuk pengganti sel bayi yang rusak.

8. Blueberry

Buah blueberry memanglah tidak sering didapati tetapi manfaat buah blueberry sangat banyak terlebih untuk kesehatan. Blueberry kaya vitamin C serta anti-oksidan. Mengonsumsi satu gelas juice blueberry tiap harinya dapat tingkatkan system imun ibu menyusui. System imun ibu yang baik dapat mencegah beragam jenis penyakit yang menginginkan masuk kedalam tubuh ibu, system imun ibu itu juga dapat membuat perlindungan bayinya dari beragam jenis penyakit. Anti-oksidan tinggi pada blueberry dapat mencegah radikal bebas yang ada di kurang lebih ibu.

9. Beras Merah

Ibu yang terasa dirinya sangat gemuk setelah melahirkan serta menyusui dapat ganti beras putih dengan beras merah. Diet glukosa dapat dipakai untuk kurangi berat tubuh ibu untuk hindari bahaya obesitas untuk ibu hamil. Nasi putih sampai kini di kenal memiliki kandungan glukosa yang tinggi, oleh sebab begitulah ibu dapat ganti nasi putih dengan nasi merah. Walau rendah glukosa kandungan karbohidrat pada nasi merah amat tinggi hingga cukup untuk memberi daya pada ibu yang menyusui serta tak bikin ibu jadi tambah gemuk.

10. Kuning Telur

Kuning telur adalah makanan bergizi untuk ibu yang tengah menyusui. Kuning telur memiliki kandungan banyak gizi terlebih vitamin D. Vitamin D pada telur berguna dalam melindungi tulang ibu jadi kuat serta menghindari dari pengeroposan tulang. Kuning telur juga kaya protein. Upayakan tidak untuk mengonsumsi kuning telur dalam keadaan 1/2 masak. Dalam kuning telur 1/2 masak, bakal ada banyak bakteri salmonella.

11. Roti Gandum

Makanan bergizi yang dapat dikonsumsi oleh ibu yang menyusui yaitu roti gandum. Roti gandum kaya serat hingga bikin kenyang lebih lama. Serat pada roti gandum itu dapat bikin bayi kenyang lebih lama serta menyehatkan pencernaan bayi. Mengonsumsi roti gandum dapat menghindari bayi dari sembelit serta hindari keadaan bayi tak BAB satu minggu.

12. Jeruk

Jeruk adalah buah yang berguna untuk kesehatan. Jeruk juga memiliki kandungan banyak vitamin C dengan dosis tinggi. Vitamin C yang ada pada jeruk dapat berguna untuk melindungi stamina ibu serta menghindari ibu dari penyakit. Bila stamina ibu bagus, stamina bayi juga akan bagus.

13. Sereal

Mengonsumsi sereal sehari sekali berguna untuk ibu menyusi lantaran dapat memperlancar pencernaan ibu menyusui serta memberi daya lebih pada ibu. Ibu memerlukan daya yang lebih karena ibu mesti dapat melindungi bayinya 24 jam siang serta malam. Sereal dapat juga menghindari ibu dari kegemukan sebab sereal kaya serat.

14. Air Putih

Air putih termasuk minuman yang harus diminum tiap harinya. Untuk ibu menyusui, seluruh makanan yang baik dikonsumsi waktu menyusui akan tidak berkeja secara optimal bila tak disertai dengan mengonsumsi cukup air putih. Hal semacam itu karena air putih dapat memperlancar oksigen didalam tubuh manusia. Oksigen dibutuhkan dalam pemecahan zat makanan yang dikonsumsi oleh manusia. Kekurangan oksigen bikin pemecahan zat makanan didalam tubuh manusia jadi lambat.

15. Labu Siam

Labu siam adalah sayuran yang kaya serat. Serat amat baik untuk tubuh manusia sebab hindari sembelit serta baik untuk lambung. Labu siam juga kaya khasiat asam folat. Asam folat bermanfaat untuk perubahan otak serta perkembangan bayi. Labu siam juga diakui dapat bikin produksi ASI jadi lebih melimpah.

16. Pepaya Muda

Pepaya muda walau kerap jadi pantangan makanan ibu hamil, tetapi untuk ibu menyusui bisa jadikan sayur sup diakui dapat perbanyak ASI ibu. ASI yang melimpah dapat menghindari bayi dari dehidrasi. Enzim papain didalam pepaya muda dapat untuk memperlancar ASI.

17. Pepaya

Mengkonsumi buah pepaya tiap harinya baik untuk ibu yang tengah menyusui. Pepaya tidak hanya harga nya murah juga gampang untuk didapati. Khasiat buah pepaya mempunyai gizi serta nutrisi yang banyak salah satunya yaitu vitamin E, vitamin B, kalium serta enzim yang bernama papain. Enzim itu berperan dalam mempercepat dari pencernaan protein didalam tubuh serta memperlancar produksi ASI ibu. Kalium yang ada didalam pepaya berguna untuk menghindari ibu dari kelelahan.

18. Buah Alpukat

Khasiat dari buah alpukat tak perlu diragukan lagi. Buah alpukat berguna dalam kecantikan serta kesehatan. Terkadang ibu yang menyusui tidak ingin mengonsumsi buah alpukat lantaran kandungan lemaknya yang tinggi. Asumsi ibu itu yaitu salah sebab kandungan lemak didalam buah alpukat tidaklah kandungan lemak buruk. Alpukat mempunyai kandungan lemak yang baik untuk tubuh. Lemak yang baik dalam alpukat itu berguna untuk mengenyangkan bayi saat menyusu.

19. Brokoli

Brokoli adalah sayuran hijau yang kaya khasiat. Brokoli baik dikonsumsi sebagai makanan sehat untuk ibu hamil ataupun waktu menyusui lantaran menyehatkan. Didalam brokoli banyak terkandung asam folat yang diakui dapat mencerdaskan otak bayi. Ibu yang menyusui dapat mencampurkan brokoli dengan sayuran hijau yang lain supaya ASI lebih berkwalitas.

20. Bayam

Bayam juga kaya asam folat. Mengonsumsi bayam tiap harinya berguna untuk mencerdaskan otak bayi. Didalam bayam juga memiliki kandungan zat besi yang berguna untuk menghindari ibu dari anemia. Anemia waktu menyusui dapat kurangi produksi ASI ibu serta bikin ibu gampang kelelahan.

21. Strawberry

Mengonsumsi buah serta sayur amat berguna untuk ibu yang menginginkan bikin ASI jadi berkwalitas. Satu diantara buah buahan untuk ibu hamil yang baik dikonsumsi yaitu buah strawberry yang kaya vitamin C serta kaya anti-oksidan. Kandungan vitamin C pada ibu berguna untuk tingkatkan system imun ibu hingga ibu akan tidak gampang terkena penyakit. Anti-oksidan pada buah strawberry berguna membuat perlindungan ibu dari radikal bebas. Bila ibu terlindung dari radikal bebas, bayi yang disusuinya juga bakal terproteksi dari radikal bebas juga.

22. Daun Katuk

Supaya produksi ASI selalu melimpah, ibu dapat mengonsumsi daun katuk muda. Daun katuk muda diakui dapat melindungi produksi ASI karena memiliki kandungan banyak vitamin serta mineral. Senyawa berbentuk steroid serta polifenol pada daun katuk diakui dapat tingkatkan produksi ASI pada ibu.

23. Pak Choy

Sayuran hijau yang masihlah semacam dengan sawi ini memiliki kandungan banyak gizi ibu hamil serta nutrisi perlu untuk ibu yang menyusui. Satu diantara khasiat dari sayuran pak choy yaitu menghindari ibu dari anemia lantaran kandungan zat besinya yang tinggi. Bila ibu anemia, bayi juga rawan untuk terserang anemia. Oleh karenanya mengonsumsi pak choy sehari sekali digabungkan dengan sayuran hijau yang lain berguna untuk ibu.

24. Kacang Panjang

Kacang panjang termasuk juga dalam kacang-kacangan serta termasuk juga sayuran hijau. Kacang panjang kaya protein serta vitamin K. Protein berguna membuat perlindungan sel bayi dari rusaknya. Vitamin K berguna juga untuk mempercepat pemulihan luka. Bila bayi memar lantaran terbentur atau luka, luka pada bayi itu bakal segera pulih dengan pertolongan vitamin K. Sel bayi masih tetap dalam step perubahan hingga rawan untuk terserang luka atau rusaknya hingga memerlukan makanan yang banyak terkandung vitamin K serta protein.

25. Selada

Selada adalah sayuran yang kaya zat besi sebab warnanya yang hijau. Selada juga memiliki kandungan zat flavonoid, serat serta asam folat. Mengonsumsi selada diakui dapat menjaga daya ibu menyusui serta menghindari ibu dari anemia. Asam folat pada selada berguna untuk kecerdasan bayi serta pembentukan sel darah merah.

26. Jamur

Jamur berguna juga untuk ibu yang menyusui. Didalam jamur mempunyai nutrisi yang komplit. Kandungan yang ada didalam jamur diantaranya yaitu kalsium, natrium, fosfor, magnesium serta kalium. Khasiat jamur bila dikonsumsi oleh ibu menyusui yaitu ibu bakal terlepas dari pengeroposan tulang. Tidak hanya itu jamur berguna dalam perubahan tulang serta perkembangan gigi bayi yang disusui oleh ibu.

27. Ketimun

Ketimun berguna untuk ibu menyusui karena kandungan airnya yang tinggi. Ibu yang tengah menyusui diinginkan untuk mengonsumsi banyak air supaya produksi ASI cukup. Rasa fresh pada timun juga menghindari ibu dari dehidrasi.

28. Jagung

Jagung muda mempunyai kandungan seperti karbohidrat, protein, kalsium, kalium, vitamin C, vitamin A, vitamin B12, vitamin B15, serat serta senyawa. Khasiat jagung manis juga memiliki kandungan asam folat yang berguna untuk mencerdaskan bayi. Untuk ibu yang menyusui, jagung manis berguna untuk memberi produksi ASI ibu. Berikan jagung manis saat ibu memasak sup supaya produksi ASI ibu jadi tambah lancar serta bayi jadi cerdas.

29. Kentang

Untuk ibu menyusui yang tidak mau sangat gemuk ibu dapat ganti nasi dengan kentang. Kentang adalah sayuran kaya karbohidrat. Karbohidrat untuk ibu menyusui bertindak dalam pembentukan daya hingga ibu akan tidak gampang lesu. Begitupula dengan bayi yang disusui ibu, daya pada ibu dapat tersalur pada bayi yang disusuinya.

30. Kemiri

Kemiri termasuk juga dalam kacang-kacangan. Kacang kemiri memiliki kandungan banyak protein di mana protein itu yaitu sumber makanan yang baik untuk ibu yang menyusui. Kandungan lemak yang ada di setiap butir kemiri berguna juga sebagai cadangan daya untuk ibu.

31. Biji Kenari

Biji kenari termasuk juga dalam kacang-kacangan. Kenari kaya protein, vitamin E, vitamin B, vitamin C, folat, kalsium, kalium, fosfor serta magnesium. Biji kenari berguna sebagai makanan untuk perbanyak ASI ibu, menghindari ibu dari penyakit tulang serta melakukan perbaikan sel di tubuh bayi. Sel pada tubuh bayi rawan untuk terserang rusaknya hingga dengan mengonsumsi makanan yang tinggi protein rusaknya itu dapat diperbaiki.

32. Kacang Mete

Mengonsumsi kacang mete yang tinggi protein serta kalsium berguna juga untuk ibu yang menyusui. Mengonsumsi 100 gr kacang mete tiap harinya dapat menghindari ibu menyusui dari penyakit tulang.

33. Ikan Tuna

Ikan daridulu diakui baik untuk kesehatan serta kecerdasan. Oleh karenanya waktu hamil ataupun menyusui ibu diinginkan untuk memberikan ikan di tiap jumlah makannya. Satu diantara ikan yang baik dikonsumsi saat tengah menyusui yaitu ikan tuna. Ikan tuna kaya dengan kandungan omega-3 serta DHA nya. Kandungan omega-3 serta kandungan DHA pada ikan tuna berguna untuk petumbuhan serta perubahan bayi yang ibu susui.

ang mesti ibu cermati disini yaitu seluruh bentuk ikan yang disebut larangan ibu hamil serta tak bisa dikonsumsi saat tengah menyusui. Bentuk ikan yg tidak bisa dikonsumsi saat menyusui bayi yaitu sebagai berikut ini ini :

  • Ikan todak
  • Ikan makarel
  • Ikan ubin
  • Ikan hiu

34. Ikan Lele

Ikan lele kaya protein serta kaya dengan omega-3. Ikan lele yang dikonsumsi waktu ibu menyusui dapat tingkatkan kecerdasan bayi, melindungi perkembangan serta perubahan bayi yang disusui oleh ibu dan menghindari rusaknya sel pada ibu ataupun bayi yang tengah disusuinya.

35. Susu Kedelai

Susu kedelai mempunyai rasa yang enak juga fresh. Di balik kesegarannya susu kedelai memiliki kandungan lemak nabati, protein, anti-oksidan serta kaya vitamin D. Vitamin D yang ada pada susu kedelai berguna untuk bikin bayi, supaya terlepas dari penyakit tulang. Tidak hanya itu, kandungan vitamin D pada susu kedelai dapat memperkuat tulang ibu serta bayi. Kandungan anti-oksidan tinggi pada susu kedelai berguna membuat perlindungan dari radikal bebas.

36. Tahu serta Tempe

Tahu serta tempe adalah olahan dari kacang kedelai yang kaya protein serta kaya anti-oksidan. Mengonsumsi tahu serta tempe dapat bikin ibu terproteksi dari radikal bebas. Tahu serta tempe juga kaya protein di mana protein itu dapat melakukan perbaikan beberapa sel ibu yang rusak begitupula dengan bayi yang disusui oleh ibu.

37. Ubi Jalar

Ubi jalar kaya karbohidrat di mana karbohidrat dapat memberi daya untuk ibu yang menyusui. Ubi jalar yang berwarna oranye mempunyai kandungan beta karoten tinggi di mana beta karoten itu dapat menyehatkan mata bayi yang disusui ibu. Ubi jalar juga diakui dapat tingkatkan produksi ASI ibu.

Nah itulah seputar pengetahuan tentang makanan ibu menyusui. Semoga bermanfaat!

Sumber:
Alodokter.com
Hamil.co.id

Loading...