Normalkah Jika Haid Hanya 2 atau 3 Hari? Baca Penjelasan ini Agar Tidak Cemas

Posted on
Loading...

Haid Hanya 2 – 3 Hari

Apakah haid hanya 3 hari yaitu tanda tak subur? Hal itu adalah pendapat yg tidak benar. proses haid 2-3 hari yaitu hal yang amat normal. Lama berlangsungnya haid memanglah beragam pada wanita yang satu dengan yang lain.

Haid dikelompokkan normal jika berjalan sepanjang 3 hingga 7 hari. Normal perdarahan yang terjadi sepanjang haid yaitu kurang dari 80 mL. Jika berjalan kurang dari 3 hari atau melebihi dari 7 hari, baru dikelompokkan kedalam masalah menstruasi.

Loading...

Siklus menstruasi di pengaruhi oleh keseimbangan hormon yang terjadi didalam tubuh. Berolahraga secara teratur, makanan yang bergizi serta seimbang bakal amat bantu untuk melindungi keseimbangan hormon itu.

Kadang-kadang, beban stress psikologis dapat juga menyebabkan masalah menstruasi. Kesibukan fisik yang yang berlebih dapatlah menyebabkan masalah menstruasi, hal semacam ini kerap didapati pada atlet wanita.

Kesuburan seseorang wanita tak juga hanya diliat dari siklus haidnya saja, tetapi juga diliat dari stuktur organ kandungan. Dokter umumnya mencurigai ada masalah kesuburan (infertilitas) pada pasangan suami-istri jika udah teratur mengadakan hubungan seksual secara berkala sepanjang 1 th., tetapi belum juga mendapat keturunan.

Pada masalah seperti ini, umumnya dokter bakal mengecek kondisi saluran indung telur dengan kontrol HSG (Histosalfingografi) serta kondisi indung telur dan rahim dengan USG. Untuk pasangan pria, umumnya diperlukan kontrol analisa sperma.

Pertanyaan Seputar Haid Tidak Normal, Haid Pendek, atau Hanya 2-3 Hari

Normalkah Haid Hanya 3 Hari?

siklus-haid-3-hari

TANYA :
Dok, normalkah bila haid hanya 3 hari serta langsung bersih? Sekarang saya udah menikah sepanjang 10 bln. namun belum juga hamil. Sebagian bln. terakhir haid saya berjalan kurang dari 5 hari.

Pada bln. Maret saya haid tgl 20-tgl 22, serta pada tgl 23 nyatanya haid saya sudah bersih keseluruhan. Lantas pada tanggal 27 malam saya kontrol ke dokter kandungan untuk tanyakan tentang haid saya itu yang cuma 3 hari & nyatanya sesudah di USG dokter menyampaikan bila masihlah ada bekas haid yang belum keluar (seperti terhalang).

Lantas dokter memberi obat Lantiflam 50 ketoprofen 50 mg serta Myotonic Methylergometrine @ 20 buah untuk diminum sepanjang satu minggu (3x satu hari).

Sesungguhnya ada penyakit apakah yang sekarang ada di dalam tubuh saya berkaitan dengan haid itu? Serta apakah yang perlu saya kerjakan supaya bekas haid saya itu bisa keluar semua hingga siklus haid saya dapat normal kembali? Apakah saya berpeluang dapat hamil serta melahirkan keturunan dari rahim sendiri? Kadang-kadang saya sukai rasakan kram perut serta kerap keluarkan gas seperti kentut pasca terkait dengan suami baik pada masa-masa subur ataupun sesudah masa-masa subur. Mohon panduannya ya dokter, karna saya kurang memahami dengan keadaan siklus haid saya itu pasca menikah. Terima kasih.

Ny. P, 32, Jakarta

JAWAB :

Ibu P yth.
Haid yang teratur amat di pengaruhi oleh kesibukan sesehari. Bila udah di check serta tak ada kelainan fisik, seperti ada miom, polip atau kista, hal semacam itu yaitu normal. Tinggal manfaatnya yang terganggu atau tak.

Bila haid 3 hari menurut saya masihlah normal ya. Semestinya datanya ditambah dengan ada atau tidaknya sel telur yang berkembang. Tidak sering sekali diagnosis rahim terhalang, terkecuali memanglah ada kelainan fisik di rahimnya.

Cobalah ibu sekali lagi kontrol ke dokter kandungan untuk menilainya masa-masa suburnya. Mudah-mudahan tak ada permasalahan. Serta ibu dapat hamil normal. Janganlah lupa teliti spermanya lantaran mungkin saja saja ada permasalahan di pihak suami. Mudah-mudahan selekasnya hamil.

Berapa Hari Normalnya Periode Haid?

TANYA :

Halo dok, saya mahasiswi berumur 22 th.. Saya mau ajukan pertanyaan mengenai pola menstruasi yang normal. Saat ini siklus haid saya kurang lebih 28 minggu. Saya tak pernah alami sakit perut tiap haid, Alhamdulilah seluruh baik saja. Yang jadi pertanyaan yaitu berapakah hari wajarnya haid, lantaran saya umumnya 3 hari udah bersih. Tetapi rekan2 saya rata-rata hingga 7 hari bahkan juga lebih. Bagaimana yang normal?

Hesti, Bandung

JAWAB :

Terimakasih atas pertanyaannya. Siklus haid yang normal lamanya kisaran 5-7 hari. Lalu jumlah siklusnya 28-35 hari. Untuk tahu normal tidaknya jumlah perdarahan kurang lebih 2-4 kali ubah pembalut dalam satu hari, tetapi diluar itu belum jelas tak normal.

Pada wanita lajang seperti Anda, apabila ada perubahan dalam siklus haid, sebaiknya periksa ke dokter kebidanan. Apabila tak ada kelainan fisik biarlah saja tak perlu selekasnya ditata dengan obat, terlebih tindakan operasi. Siklus haid amat bergantung dengan gaya hidup, aktivitas fisik serta tingkat stres kita.

Siklus Haid Terlalu Pendek

TANYA :

Assalamualaikum… Apakah menstruasi dengan periode pendek itu termasuk juga penyakit serta punya pengaruh pada kesuburan? Sampai kini saya (umur 22 th.) bila haid cuma kurang lebih 2-3 hari udah bersih. Dahulu saat masa-masa pertama menstruasi di umur SMP haidnya senantiasa melebihi dari 3 hari. Mohon penuturannya dok, saya takut tak dapat hamil nanti.

(Yan, 22, Makasar)

JAWAB :

Yan Yth,
Menstruasi yang pendek bukanlah termasuk juga kelompok penyakit. Menstruasi yang normal amat berkaitan dengan kesibukan. Tak perlu takut Anda tidak bisa hamil. Bila mau tahu semakin banyak mengenai kondisi organ kandungannya, Anda bisa kedokter kandungan untuk di USG serta atau check hormonal. Apabila tak ada kelainan, Anda tenang saja. Terimakasih atas pertanyaannya.

Loading...