diet ibu menyusui

Diet Ibu Menyusui | Menurunkan Berat Badan Aman Saat Menyusui

Posted on
Loading...

Diet Ibu Menyusui

Banyak beberapa wanita yang tidak sabar untuk menurunkan berat tubuh sesudah proses persalinan. Walau sebenarnya pada beberapa saat itu, seseorang wanita memerlukan banyak daya untuk menyusui bayinya yang baru dilahirkan. Dan pada akhirya, wanita banyak pula yang berusaha melakukan diet ibu menyusui untuk mendapatkan kembali bentuk tubuh idealnya.

Pada masa-masa menyusui, pola makan sehat serta seimbang jadi amat perlu. Makanan ibu menyusui sebaiknya terbagi dalam makanan yang kaya karbohidrat seperti nasi, beragam sayur serta buah, dan makanan memiliki kandungan protein serta product susu.

Loading...

Makanan yang Dianjurkan untuk Diet Pada Ibu Menyusui

Beberapa bentuk makanan diet saat menyusui yang disarankan, diantaranya :

Buah-buahan.

Minimum pada diet ibu menyusui ada mengkonsumsi buah-buahan atau juice 2 x satu hari. Jeruk adalah sumber vitamin C yang bisa memasok daya atau bentuk buah bluberi yang memiliki kandungan banyak vitamin serta mineral.

Kacang serta biji-bijian.

Terlebih tentukan yang berwarna gelap seperti kacang merah, sebagai sumber protein nabati, sekalian kaya zat besi.
Beras merah. Beras bentuk ini bisa sediakan kalori yang diperlukan tubuh, sekalian mensupport produksi ASI yang baik serta berkwalitas.

Product susu rendah lemak.

Umpamanya, yoghurt, keju serta susu. Susu memiliki kandungan protein, kalsium, vitamin B serta vitamin D yang perlu untuk perkembangan tulang bayi. Dengan minum susu minimum 600 cc /hari, keperluan kalsium Anda serta bayi Anda bakal terpenuhi.

Daging tanpa lemak.

Kandungan zat besi, protein serta vitamin B12 di dalamnya bisa penuhi daya yang diperlukan ibu pada masa-masa menyusui.

Ikan salmon.

Kaya kandungan lemak DHA yang amat perlu untuk perkembangan system saraf bayi, sekalian sumber daya yang baik untuk ibu.

Telur.

Sebagai satu diantara sumber protein yang gampang diketemukan. Anda bisa merebus, menggoreng, mencampurkan dalam salad atau bikin orak-arik telur untuk menu Anda.

Roti gandum utuh atau sereal dari biji-bijian utuh.

Kandungan asam folat adalah nutrisi yang perlu untuk keperluan produksi ASI. Product ini dapat tinggi kandungan serat serta zat besi.

Sayuran hijau.

Kandungan vitamin A, vitamin C, zat besi serta kalsium di dalamnya amat baik untuk bayi serta ibu menyusui. Tidak hanya itu, sayuran hijau juga kaya dengan anti-oksidan serta rendah kalori yang amat baik untuk jantung.

Keperluan Kalori Ibu Menyusui

Secara umum, ibu menyusui memerlukan semakin banyak kalori /hari, yakni pelengkap kurang lebih 400-500 kalori dibanding wanita yang tidak tengah menyusui.

Beberapa hal yang lain yang butuh di perhatikan yaitu setiap wanita mempunyai keperluan kalori yang tidak sama bersumber pada pada beberapa hal berikut ini :

  • Berat tubuh
  • Metabolisme badan
  • Frekwensi bayi menyusu
  • Intensitas olahraga

Tidak hanya hitungan kalori, ibu menyusui bisa jadikan rasa laparnya sebagai panduan seberapa banyak konsumsi makanan yang diperlukan. Yang tidak kalah perlu untuk ibu menyusui yaitu melindungi keperluan cairan tubuh tercukupi. Cairan dapat juga didapat dari susu atau juice. Tetapi, untuk minuman berkafein seperti kopi atau teh, batasi kurang lebih 2-3 cangkir /hari.

Berapakah Berat Tubuh yang Bisa Di turunkan untuk Diet Ibu Menyusui?

diet ibu menyusui

Ibu menyusui bisa menurunkan keunggulan berat tubuhnya yang didapat sepanjang kehamilan. Penurunan kurang lebih 0, 5-1 kg per minggu termasuk aman pada produksi air susu ibu (ASI).

Gabungan pola makan sehat dengan berolahraga yang moderat, bisa menurunkan berat tubuh ibu menyusui rata-rata 0, 5 kg per minggu. Ke-2 hal itu lebih efisien dibanding diet rendah kalori ketika dalam masa-masa menyusui.

Anda bisa tingkatkan intensitas berolahraga terlebih 6-8 minggu sesudah melahirkan. Dengan beberapa cara ini, Anda bisa menurunkan berat tubuh secara bertahap kurun waktu setahun serta ini tambah lebih aman untuk ibu menyusui.

Lantaran penurunan jumlah konsumsi kalori serta berat tubuh secara mendadak di kuatirkan bakal beresiko pada produksi ASI.

Memerhatikan ketika pas untuk mengawali diet juga perlu. Program untuk menurunkan berat tubuh untuk ibu menyusui baiknya diawali sesudah bayi berumur dua bln. untuk hindari kekurangan daya serta produksi ASI.

Bila ibu alami keunggulan berat tubuh atau obesitas, tanyakan dengan dokter tentang peluang saat mengawali proses penurunan berat tubuh lebih cepat.

Baiknya jauhi diet ibu menyusui yang memotong banyak kalori atau bikin berat tubuh turun dengan mencolok, lantaran bisa merubah produksi ASI. Aplikasikan pola makan sehat serta teratur olahraga. Bila perlu, konsultasi dengan dokter untuk diet yang baiknya Anda kerjakan ketika menyusui.

Tanya Jawab Seputar Diet Ibu Menyusui

Diet yang Aman untuk Ibu Menyusui

Tanya:

Saya seseorang ibu muda dengan balita berusia 1, 5 th.. Saat sebelum masa-masa kehamilan berat tubuh normal saya 42 – 44 kg, dengan tinggi tubuh 152 cm.

Sesudah melahirkan berat tubuh saya yang semula 54 kg turun jadi 47 kg, serta saat ini berat tubuh saya naik lagi jadi 56 kg. Adakah langkah aman untuk menurunkan berat tubuh saya mengingat saya masihlah menyusui anak saya?

Serta adakah permasalahan pada ASI saya kelak lantaran saya mau menyusuinya sampai usianya 2 th.? (Sinta Yulia Dewi, 23)

Jawab:

Dear Sinta,

Menurunkan berat tubuh pada ibu yang tengah menyusui lewat cara kurangi kalori makanan tidak disarankan, lantaran bisa merubah jumlah ataupun kwalitas ASI yang dibuat. Supaya jumlah serta kwalitas ASI tetap terjamin, ibu menyusui mesti memberi konsumsi /harinya kurang lebih 300 kkal.

Lantas adakah langkah aman untuk menurunkan berat tubuh tetapi tetap bisa menyusui? Berikut ini beberapa panduan yang bisa dicoba Sinta :

* Tetaplah menyusui bayi hingga umur 2 th., lantaran tubuh ibu yang menyusui bakal menghasilkan hormon yang bisa bantu menurunkan berat tubuh serta kembalikan bentuk tubuh secara alami. Ada beberapa riset yang menyampaikan, dengan menyusui, tubuh membakar kurang lebih 300-500 kkal/hari. Ini setara dengan bersepeda sepanjang 1 jam.

* Pastikan bentuk makanan dengan semakin banyak konsumsi sayur, buah, karbohidrat kompleks, lemak skim, serta sumber protein rendah lemak, dan cukup cairan. Contoh susu skim atau susu low fat, daging ayam tanpa kulit, ikan, telur, tahu, tempe, ataupun kacang-kacangan.

* Jauhi makanan yang cepat saji (junk food), konsumsilah dalam jumlah kecil serta kerap (umumnya diberikan dalam 6 kali pemberian, dengan 3 kali makan paling utama berbentuk sarapan – makan siang – makan malam serta 3 kali makanan ringan). Janganlah melarikan rasa tegang atau stres pada makanan, tetapi alihkan dengan bermain berbarengan si kecil atau mengajak si kecil jalan-jalan hingga turut menyumbang pembakaran kalori.

* Berolahraga baiknya dikerjakan sesudah usai menyusui, untuk kurangi rasa tidak nyaman di payudara serta memakai baju yang memanglah spesial di desain untuk ibu yang tengah menyusui.

* Awalilah dengan gerakan enteng seperti jalan (bila susah meninggalkan bayi, kesibukan jalan bisa dikerjakan berbarengan bayi sembari berjemur matahari pagi), bersepeda, atau berenang. Seluruh dikerjakan senyaman mungkin saja. Bila udah berkali-kali dikerjakan serta merasa nyaman, intensitas serta lamanya kesibukan dapat ditingkatkan secara bertahap. Umpamanya mulai dengan latihan untuk menguatkan dinding perut, dsb. Tetapi bila muncul rasa nyeri, sesak, selekasnya hentikan kesibukan atau latihan, serta diskusikan dengan dokter.

* Upayakan untuk lakukan aktivitas ini berbarengan dengan rekan lain atau dalam kelab berolahraga, supaya tidak menyebabkan kejenuhan. Serta janganlah lupa senantiasa minum cukup cairan atau air sepanjang lakukan aktivitas.

Menurunkan Berat Badan Secara Aman pada Ibu Menyusui

diet ibu menyusui

TANYA:

Saya seorang Ibu menyusui, bayi saya sekarang sudah 14 bulan. Karena kelebihan berat badan yang cukup banyak (TB 160, BB 72kg) selama dua minggu ini saya mengkomsumsi jus sayur buah pada pagi malam, serta siang makan biasa dan nasi diganti oatmeal.

Tapi kok saya belum merasakan penurunan berat badan yang signifikan ya dok? Mohon arahannya Terima kasih.
Lulu (34)

JAWAB:

Terima kasih kembali mbak Lulu
Penurunan berat badan (BB) bagi ibu yang masih menyusui tidak dilakukan secara ekstrim namun ada beberapa tips yang dapat diikuti :

1. diet berdasar pada aturan gizi komplit serta seimbang.

Ibu tidak dianjurkan untuk ikuti pola diet spesifik atau memotong jumlah kalori secara ekstrim serta hindari bentuk nutrisi spesifik, seperti tidak mengonsumsi karbohidrat atau cuma mengonsumsi tinggi protein seperti pada Atkin’s diet.

Kenapa?

Hal semacam ini bakal memengaruhi jumlah (jumlah) serta kwalitas (mutu) ASI yang dibuat.

Seseorang ibu yang masihlah menyusui jadi memperoleh pelengkap kalori sejumlah 300 kkal dalam keperluan hariannya. Maksudnya supaya tubuh ibu bisa mensekresi ASI dengan jumlah serta mutu yang sesuai sama keperluan bayi untuk tumbuh serta berkembang secara optimal.

Tetapi janganlah berkecil hati, lantaran tubuh ibu yang menyusui bakal menghasilkan hormon yang bisa bantu menurunkan berat tubuh serta kembalikan bentuk tubuh secara alami.

Ada beberapa riset yang menyampaikan dengan menyusui, tubuh membakar kurang lebih 300-500 kkal/hari yang setara dengan bersepeda sepanjang 1 jam.

2. Penentuan bentuk makanan.

Semakin banyak pada sayur, buah, karbohidrat kompleks, lemak skim serta sumber protein rendah lemak dan cukup cairan. Contoh susu skim atau susu low fat, daging ayam tanpa kulit, ikan, telur, tahu, tempe ataupun kacang-kacangan.

3. Jauhi makanan yang cepat saji (junk food).

Konsumsilah dalam jumlah kecil serta kerap (umumnya diberikan dalam 6x pemberian dengan 3 x makan paling utama berbentuk sarapan – makan siang – makan malam serta 3x makanan ringan), janganlah melarikan rasa tegang atau stres pada makanan, tetapi alihkan dengan bermain berbarengan si kecil atau mengajak si kecil jalan-jalan hingga turut menyumbang pembakaran kalori.

4. Berolahraga atau kesibukan fisik

Baiknya dikerjakan sesudah ibu usai menyusui untuk kurangi rasa tidak nyaman di payudara serta memakai baju yang memanglah spesial di desain untuk ibu yang tengah menyusui.

– Awalilah dengan gerakan enteng seperti jalan (bila susah meninggalkan bayi, kesibukan jalan bisa dikerjakan berbarengan bayi sembari berjemur matahari pagi), bersepeda, berenang. Seluruh dikerjakan senyaman mungkin saja untuk ibu. Bila udah berkali-kali dikerjakan serta merasa nyaman, intensitas serta lamanya kesibukan dapat ditingkatkan secara bertahap. Umpamanya mulai dengan latihan untuk menguatkan dinding perut, dll.

– Upayakan untuk lakukan aktivitas ini berbarengan dengan rekan lain atau dalam club berolahraga, supaya tidak menyebabkan kejenuhan. Serta janganlah lupa senantiasa minum cukup cairan atau air sepanjang lakukan aktivitas.

Bila mbak Lulu masihlah belum sukses lakukan penurunan BB lewat cara diatas, tidak ada kelirunya untuk berkonsultasi dengan dokter gizi paling dekat yang ada ditempat mbak. Mudah-mudahan berguna

Semoga bermanfaat informasi diet untuk ibu menyusui ini.

Loading...
Loading...