Cara Menjaga Kehamilan di Usia Hamil Muda dan Tua

Posted on
Loading...

Cara menjaga kehamilan-Awal kehamilan atau kerap dikatakan sebagai hamil muda, adalah saat- saat membingungkan. Dengan beragam perubahan yang dihadapi, baiknya disikapi dengan pas untuk melindungi kehamilan supaya tetaplah sehat. Apalagi Anda sudah merancang untuk cepat hamil sebelumnya.

Banyak penyesuaian badan yang dipicu oleh hormon, hal semacam ini bermanfaat supaya bayi bisa tumbuh dengan normal serta sehat dalam kandungan.

Loading...

Berikut berbagai hal yang bisa dikerjakan ibu hamil untuk melindungi kehamilan muda :

Menangani keluhan serta perubahan fisik 

Beragam penyesuaian fisik pada kehamilan yang biasanya terjadi yakni mual waktu hamil muda, diikuti muntah, payudara yang merasa nyeri, kerap buang air kecil, pusing waktu hamil serta susah buang air besar atau hasrat makan sesuatu diluar rutinitas. Diluar itu, ibu hamil ada juga yang peka pada bau minyak wangi maupun asap rokok.

Untuk memperingan keluhan waktu hamil, bisa konsumsi makanan sehat dalam jumlah kecil dengan lebih sering. Memperbanyak minum air, selingi dengan minuman jahe. Cukupi konsumsi protein serta zat besi untuk menolong kurangi rasa lemas waktu hamil muda. Guna menghindar sembelit waktu hamil muda, batasi makanan yang digoreng, makanan pedas, serta minuman soda. Sertakan makanan kaya serat serta kerjakan aktivitas badan yang enteng.

Janganlah menahan buang air kecil, lantaran bisa menyebabkan infeksi saluran kemih. Untuk kurangi buang air kecil pada tengah malam, kurangi minum mendekati sore. Untuk menangani pusing waktu hamil muda, jauhi berdiri sangat lama serta janganlah merubah posisi mendadak. Berbaring ke samping kiri bakal menolong memperingan pusing.

Hindari rokok, minuman mengandung alkohol, serta membatasi kafein 

Satu diantara aspek resiko yang bisa mengakibatkan keguguran, persalinan prematur, serta plasenta bermasalah yaitu merokok waktu hamil. Sebagian riset mengaitkan rokok dengan keadaan bibir sumbing. Jauhi juga minuman mengandung alkohol lantaran bisa tingkatkan resiko berat bayi lahir rendah, masalah belajar, bhs, bicara, serta jadi hiperaktif. Batasi konsumsi cafein waktu hamil untuk hindari resiko keguguran serta permasalahan lain dalam melindungi kehamilan Anda.

Diluar itu, jauhi aktivitas atau hoby yang bikin ibu hamil memakai zat kimia seperti cairan pembersih, pestisida, atau yang memiliki kandungan logam berat.

Mengatur keadaan emosional 

Kehamilan bisa menyebabkan beragam emosi, seperti senang, semangat sampai gelisah serta capek. Ibu hamil kerapkali kuatir tentang keadaan bayi, kekuatan mengasuh, sampai keadaan finansial. Tetapi, jangan pernah beberapa hal itu mengakibatkan stres.

Sangatlah normal ibu hamil alami pergantian emosi yang naik turun atau mendadak merasa mau menangis. Nikmati tiap-tiap proses dalam melindungi kehamilan, jangan sampai memaksakan atau menghakimi diri. Minta support dari keluarga serta pasangan. Bila pergantian mood jadi begitu intensif, baiknya konsultasi dengan dokter atau psikolog.

Mempererat interaksi dengan pasangan 

Kehamilan adalah waktu yang pas untuk tingkatkan keintiman pada pasangan. Ungkapkan dengan cara jujur tentang keperluan, kecemasan, persoalan, serta harapan yang dirasa. Minta pasangan lakukan hal yang sama. Mengulas beberapa hal itu berbarengan bakal menolong menguatkan rasa kebersamaan sebagai pasangan.

Aktivitas seksual ibu hamil seringkali terganggu, karena mual, capek, maupun kehilangan mood. Tentukan waktu yang pas untuk berhubungan intim waktu ibu hamil terasa nyaman. Tak perlu cemas dampak aktivitas itu pada janin, sebab janin bakal dilindungi oleh kantung ketuban, otot-otot rahim, serta cairan yang membuat perlindungan leher rahim pada infeksi.

Mewaspadai tanda tanda bahaya kehamilan 

Muncul flek atau perdarahan ringan waktu kehamilan trimester pertama, termasuk juga normal. Tetapi, cermati sinyal tanda keguguran seperti perdarahan waktu hamil yang semakin banyak yang dibarengi sakit perut maupun tidak. Demikian juga bila cairan vagina waktu hamil muda, alami perubahan warna, bau, maupun bikin gatal. Ada peluang terjadi infeksi yang butuh selekasnya diselesaikan dokter. Infeksi dapat juga menyebabkan gejala rasa panas atau nyeri waktu buang air kecil.

Mual serta muntah termasuk juga normal waktu hamil muda, yang biasanya makin ringan pada umur kehamilan 12-14 minggu. Tanyakan dengan dokter bila mual serta muntah, diiringi dengan demam, muntah berdarah, detak jantung tidak teratur, maupun terjadi penurunan berat tubuh, dehidrasi serta pusing terlalu berlebih.

Lakukan kontrol ke bidan atau dokter 

Kerjakan kontrol pada bidan atau dokter kandungan dengan teratur. Kunjungan pertama, biasanya tentang kesehatan ibu hamil serta memastikan umur kehamilan. Kontrol awal pada kehamilan trimester pertama ada juga peluang mengidentifikasi aspek resiko serta mengecek kelainan kromosom pada janin.

Kontrol pada kehamilan trimester pertama yang normal yakni per enam minggu. Janganlah malu untuk ajukan pertanyaan tentang kehamilan atau ide persalinan kelak pada bidan atau dokter kandungan Anda.

Kehamilan muda adalah waktu yang perlu peroleh perhatian spesial. Keluhan yang muncul pada saat itu, mesti disikapi dengan pas. Tanyakan selekasnya pada bidan atau dokter, bila muncul sinyal tanda bahaya dalam melindungi kehamilan.

Saat tengah hamil, anda sangat banyak pikirkan posisi yang baik serta nyaman untuk janin serta kesibukan anda. Perubahan fisik yang makin berubah di saat kehamilan masuk umur tua makin bikin anda mencari posisi yang pas.

5 Posisi Tubuh Membantu Anda Menjaga Kehamilan

1. Jalan serta berdiri 

Buat anda yang aktif bergerak, anda dapat lakukan jalan yang pas saat masa kehamilan seperti berikut anda dapat jalan dengan kepala yang tegak ke depan. Upayakan anda melindungi bahu anda untuk tetaplah tegak, diluar itu posisikan kaki anda sama rata dalam menahan beban tubuh anda.

Jauhi terlebih dulu memakai sepatu dengan hak yang tinggi lantaran bakal bikin anda cepat pegal serta mengganggu kesehatan anda. Buat anda yang tengah hamil pada umur kandungan tua, jangan pernah berdiri dalam posisi yang sama kurun waktu yang lama.

Jikapun diwajibkan untuk berdiri coba untuk mengangkat satu kaki dengan beristirahat di bangku atau semacamnya. Sesudah sebagian menit, ubah posisi kaki anda. Waktu bekerja di dapur serta mengharuskan anda berdiri, kerjakan istirahat satu kaki bertukaran serta ganti kaki tiap-tiap lima hingga 15 menit.

2. Duduk 

Dianjurkan untuk ibu hamil, posisi duduk yaitu dengan punggung lurus dengan bahu yang ditarik ke belakang. Penambahan berat tubuh yang anda alami bakal memengaruhi otot hingga mengakibatkan nyeri pada ruang badan spesifik hingga menyusahkan anda memperoleh posisi ternyaman.

Dengan posisi duduk seperti ini diinginkan anda bakal nyaman. Menumpukan badan di kursi serta sofa jadi alternatif anda. Sandarkan pinggul serta bahu pada kepala sofa hingga anda bisa terasa tambah nyaman. Menyeimbangkan berat tubuh saat tengah duduk bisa jadi pilihan anda, sepanjang kehamilan kaki bakal rawan pada nyeri lantaran ada beban dari berat tubuh anda.

Anda dapat merubah posisi duduk hingga alami pergantian sepanjang 30 menit dari posisi awal.

3. Bangun dari posisi tidur 

Anda mungkin saja bakal kesusahan saat bangkit dari posisi tidur anda. Jadi anda bisa mengambil langkah yang pas dengan badan anda yang dimiringkan terlebih dulu taruh satu tangan anda dibagian sisi badan anda. Geser tangan anda dengan cara berlahan untuk bangkit dari posisi tidur hingga anda dapat duduk terlebih dulu sebelumnya benar -betul siap bangun. Lalu tarik nafas untuk relaksasi.

4. Mengambil benda yang terjatuh 

Kerapkali anda kesusahan untuk mengambil benda yang posisinya lebih rendah dari tubuh anda. Anda bisa mengambil posisi dengan usaha postur tulang punggung tegak lurus lantas sedikit untuk sedikit menekuk satu diantara kaki anda.

Langkah yang lebih aman yaitu dengan berpegangan pada benda atau tempat yang kuat. Anda bisa menundukan punggung sedikit untuk melindungi keseimbangan. Langkah untuk berdiri yang pas yaitu dengan satu tangan yang tertumpu pada benda yang kuat lalu pelan-pelan berdiri tegak lurus.

5. Mengangkat benda 

Anda terlebih dulu dapat lihat berat beban yang bakal anda angkat. Tak dianjurkan untuk mengangkat beban yang melebihi 5 kg dalam waktu yang lama. Lebih-lebih melebihi berat 5 kg. Adapun bila memanglah anda diwajibkan mengangkat beban yang berat dapat membagi bagian-bagian, langkah tersebut lebih aman buat anda saat diwajibkan membawa berat beban yang besar.

Cermati juga jarak tempuh barang atau benda anda. Hingga beban anda tak menggangu kesehatan janin serta anda.

Loading...