7 Rahasia agar Anak Doyan Buah dan Sayur Sejak Kecil

Posted on

Buah dan sayur menjadi momok banyak orangtua karena sering ditolak oleh anak. Padahal buah dan sayur mengandung vitamin, mineral dan semua kebaikan untuk  tubuh, termasuk antioksidan dan menangkal radikal bebas.

Kali ini, saya akan paparkan 7 rahasia saya agar anak doyan buah dan sayur tanpa harus dipaksa.

1. Perkenalkan buah dan sayur sejak pertama kali MPASI

Usia 6 bulan, bayi anda sudah dapat menikmati makanan. Perkenalkan lah bayi anda dengan buah dan sayur yang asli, bukan dari makanan bayi kemasan ya. Tunjukkan bentuk buah yang asli, lalu biarkan mereka merasakan rasa manis yang berbeda-beda dari setiap buah dan sayur.

Keputusan memberikan buah dan sayur yang dihaluskan atau dalam bentuk utuh (yang sudah dikukus/rebus) ada di tangan anda, tetapi tetap pastikan bayi tidak tersedak saat memakan buah da sayur pertamanya.

2.Pastikan buah dan sayur yang diberikan segar dan ciptakan kondisi ceria

Gimana anak mau makan buah dan sayur kalau rasanya sendiri tidak enak. Biasanya rasa yang tidak enak berasa dari buah dan sayu yang sudah tidak segar lagi. Ibaratnya rasanya sudah bercampur dengan rasa pahit ketika buah dan sayur mau busuk. Oleh karena itu, cicipi terlebih dahulu buah dan sayur yang mau diberikan ke anak. Ciptakan pula suasana makan yang ceria dan menyenangkan. Misalnya, dengan memakai kostum buah-buahan, atau menyanyi tentang buah dan sayur.

3. Sebutkan nama buah dan sayur saat anak bermain

Tidak hanya saat makan saja anak diperkenalkan dengan buah dan sayur, tetapi anda dapat mengenalkannya saat bermain bersama anak. Anda dapat sekalian memperkenalkan warna kepada anak lho melalui buah dan sayur. Ajak mereka melihat gambar buah dan sayur. Ajak juga mereka menggambar dan mewarnai buah dan sayur, sehingga timbul kecintaan pada buah dan sayur.

4. Ajak anak menanam buah dan sayur

Ini bagian dari bermain bersama anak, ajak mereka menanam buah dan sayur. Pilihlah buah dan sayur yang mudah di rawat dan cepat panen. Misalnya saja sawi, bayam, tomat, agar ketika panen, anak dapat memetiknya sendiri dan antusias memakannya. Bila tiap hari mereka merawat buah dan sayur dengan menyiramnya, dijamin anak akan suka dan sayang pada buah dan sayur.

5. Edukasi manfaat buah dan sayur

Sembari makan dan bermain, selain menyebutkan nama buah dan sayur, edukasii lah anak kita akan manfaat buah dan sayur. Tujuannya jelas agar mereka mengetahui mengapa mesti makan buah dan sayur. Misalnya saja, katakan wortel mengandun vitamin A agar mata kita bening, atau pisang mengandung kalium yang baik untuk tubuh.

Meski anak-anak belum benar-benar paham, paling tidak mereka pernah mendengar manfaat buah dan sayur dari orangtuanya. Dan jangan salah, ingatan mereka kuat sekali lho, kalau sering kita ulang-ulang, lama-lama mereka bahkan bisa hafal sendiri manfaat tiap buah dan sayur.

6.  Ajak anak mengolah sendiri makanan buah dan sayur

Seringkali anak yang menolak makan, akan mau makan bila terlibat dalam proses pengolahan atau pembuatan makanan. Nah, sama halnya dengsn buah dan sayur. Jika anak anda sudah balita, anda dapat mengajaknya membuat puding bersama, atau membuat kue dari buah, seperti cake pisang atau cake labu.

Soal berantakan sih pasti, dapur juga akan menjadi lebih kotor, tapi hal ini bermanfaat agar anak belajar bahwa buah dan sayur dapat diolah menjadi banyak bentuk makanan lho. Kalau yang paling mudah sih membuat jus buah atau sayur ya=)

7. Perlihatkan pada anak, kalau anda juga suka buah dan sayur

Tak jarang anak nggak mau makan buah dan sayur, karena mereka tidak pernah melihat orangtuanya memakan buah dan sayur, sehingga mereka tidak familiar dengan buah dan sayur. Anda bisa makan buah dan sayur di depan anak atau bersama anak.

Jangan lupa beri ekspresi yang menunjukkan kalau buah dan sayur itu lezat rasanya, katakan “Hmmm enak.. “sembari mengacungkan jempol dan memejamkan mata, tanda bahwa buah dan sayur sangat enak. Dengan begitu, anak akan ikut mencoba makanan anda, yaitu buah dan sayur.

7 rahasia di atas tak akan berhasil bila tidak anda praktekkan sendiri. Yuk, mulai sekarang kenalkan anak pada buah dan sayur dengan cara menyenangkan

Penulis:  Ismyama